Saturday, November 16, 2013

Pemicu Kebiasaan Mengigau

Entah kenapa Vica akhir-akhir ini suka mengigau. Dan mengigaunya bukan pas tidur diwaktu malam hari, tapi kebanyakan terjadi saat dia tidur siang. Aneh, lucu dan geli ketika melihat Vica sedang mengigau.
Vica saat tidur

Monday, October 21, 2013

Kebebasan Anak Berekspresi Mengantarkan Pemimpin Masa Depan

Teringat semasa kecil saya tumbuh di keluarga sibuk. Kedua orangtua saya kerja di kantoran. Setiap hari, mulai dari pagi sampai sore hari. Bahkan diwaktu libur pun jarang bertamasya bersama keluarga, hingga akhirnya komunikasi antara saya dengan kedua orangtua saya sangat lah terbatas.

Jika tak ada keperluan, maka tak pernah ada waktu untuk mengobrol. Saya merasa kurang dekat dengan orangtua. Terutama dengan Mama. Apapun yang menjadi keinginan saya selalu terpendam. Saya merasa iri melihat teman-teman saya begitu dekat dengan orangtua-nya. Mereka bagaikan teman tanpa batas, juga tanpa jarak.


Happy Family

Wednesday, October 2, 2013

Coban Grojogan Sewu

Yang saya tau di Malang cuman ada air terjun Coban Glotak, cuban pelangi, cuban rondho. Dan tempat yang pernah aku kunjungi adalah cuban Rodho tapi itu dulu banget ketika saya masih kuliah. Setelah menikah sih saya belum pernah ke coban rondho lagi. Kenapa? takut mitos?  

Benar, cuban Rondho itu kental dengan mistis. Konon, cerita legenda dari cuban rodho bermula dari sepasang kekasih yang baru saja menikah. Sepasang sejoli ini bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Si istri nekat mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Sebenarnya orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan.

Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.[smbr]

Nah loh, kok malah cerita tentang coban rondho sih? apa hubungannya dengan cuban grojogan sewu? hehehe...emang gak ada hubungannya sih, cuman pengen cerita aja semenjak menikah terus terang saya gak berani mengunjungi cuban rondho karena mitosnya nanti akan jadi janda. Saya sih gak pernah percaya sama mitos, tapi saya juga gak mau coba-coba aahh....coba aja kalau ada yang mau membuktikan he.he.he...

Nah, beruntung deh saya menemukan cuban yang lain yaitu Grojogan Sewu. Gak sengaja juga nemunya, sebelumnya sih sepanjang melewati jalan arah batu menuju ke ngantang jawa timur ini ternyata ada air terjunnya. Menurut warga sekitar cuban grojogan sewu ini dulunya tertutup oleh pohon hutan seingga tidak kelihatan.
Akses menuju ke coban grojogan sewu

Friday, September 27, 2013

Rahasia Awet Muda

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”.  Itulah pepatah yang selalu harus kita ingat agar kita terbiasa dengan hidup sehat. Rutinitas yang terlalu sibuk membuat kita terlena akan pentingnya kesehatan. Hidup sehat sudah pasti menjadikan kita selalu awet muda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang akan membuat kita tetap awet muda:
Mengatur waktu agar pola hidup sehat terpenuhi.

Friday, September 20, 2013

Buah Pepaya Penyelamatku

Buah papaya merupakan buah yang kaya akan manfaatnya. Namun, kebanyakan rata-rata pada anak-anak tak begitu suka memakan buah papaya. Kalau pun di suruh memilih buah papaya atau yang lainnya;  pasti lebih memilih buah jeruk, apel, semangka, atau pun mangga. Hheemm…kenapa ya? Apa karena rasanya ya? Padahal kan rasa pepaya itu kan manis. Yah, meskipun susah-susah gampang nyari buah pepaya yang manis. Kebanyakan sih suka nemu pepaya yang kurang manis dan cenderung ‘anyep’ hampir tak berasa. 

Mau tau ciri-ciri buah pepaya yang manis?
Hampir setiap hari saya membeli buah pepaya di pasar. Pilih pepaya yang manis itu jika dilihat dari kulitnya masih segar/tidak kirut dan tak tampak ada warna hitam-hitamnya. Kalau mau pilih yang tebal dagingnya jangan memilih bentuk pepaya yang cembung, justru pilih yang besarnya rata (ramping). Dilihat dari warna kulitnya pilih warna yang cerah (hijau gradiasi keorangean).
Buah pepaya ini tebal dan rasanya manis sekali.

Wednesday, September 18, 2013

Pentingnya Jaminan Perlindungan Kesehatan Bagi Keluarga

Sekarang ini banyak sekali penyakit berbahaya bermunculan. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang kurang sehat, pola hidup yang tidak teratur dan maraknya makanan siap saji semakin menjamur di Indonesia. Produksi makanan semakin menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa menghiraukan dampak negative pada kesehatan. Padahal, kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Tak pandang bulu, penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak hanya menyerang pada usia tua namun bisa jadi masih muda pun juga dapat terserang penyakit berbahaya.

‘Hidup susah, mati pun tak mau’. Barang kali itu lah pepatah yang paling tepat ketika kita sedang menderita penyakit berbahaya. Seperti Nenek saya, di usianya yang ke 66 tahun ini sudah lama mengidap penyakit diabetes. Sudah sering pula menjalani rawat inap di rumah sakit. Penyakit diabetes telah menyiksa bathinnya. Saya tak tega melihatnya. 

Thursday, September 12, 2013

Waspada, Bahaya Insomnia


Sumber gambar: Merdeka.com

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki kelainan sulit untuk tidur secara berulang-ulang walaupun mempunyai kesempatan untuk tidur itu ada. Bisa jadi pemicu kesulitan tidur ini dikarenakan adanya beban psikologi /pikiran yang terus-menerus mengganggu, sehingga adanya ketegangan otak di kepala.

Sulit tidur sering terjadi baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Terkadang  justru seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Friday, September 6, 2013

Sensasi #10daysforASEAN

Pagi teman-teman....uuggghhh... molet dulu deh, baru bangun tidur. Joget cesar dulu yuk..."Asek-asyek jjjoooozzzzzz!". Seneng banget hari ini otakku lebih enjoy dari kemaren-kemaren. Baru semalem bisa ngrasain tidur nyenyak. Emang lagi ngapain? Heheehe... 

Leganya sekarang bisa ngeblog nyablak, setelah 10 hari non stop ngikuti lomba nulis serius dan formal banget temanya.

Awal ngikut ini gak sengaja iseng-iseng buka facebook baca status temen-temen lewatlah statusnya mak #IndahJuli ada pengumuman lomba dan hari itu juga adalah hari terakhir pendaftaran. Cuutttzz...tanpa kelamaan mikir, gak baca itu lomba nulis apa, pokoknya langsung daftar deh, perkara itu temanya susah atau apa pikir belakangan lah yang penting daftarnya gak telat kayak pas lomba #30hariNonStopNgeblog nyesel banget telat ikutan.

Nyulik gambar dari  devianstart.com

Wednesday, September 4, 2013

Jakarta City of ASEAN


Pada tanggal 8 Agustus 2013 ASEAN berulang tahun yang ke-46. Dalam memperingati perayaan HUT Association Of South East Asian Nations (ASEAN) telah dirayakan di markas ASEAN Secretary, Jl. Sisingamangaraja 70A Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Perayaan semarak itu dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari Negara anggota ASEAN meliputi Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Thailand serta Indonesia sebagai tuan rumah dengan diawali dengan pengibaran bendara ASEAN. 

Sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) saya merasa bangga Jakarta menjadi markas ASEAN Secretary, pertanda bahwa kepercayaan Negara Indonesia bisa menjadi penghubung antar negara-negara anggota ASEAN atau Diplomatic City of ASEAN dan dipandang sebagai pendorongan penyelarasan antar anggota ASEAN.

 pic : www.tripadvisor.co.id

Euforia Persatuan Masa Depan ASEAN 2015

Pelaksanaan persatuan di Negara-negara ASEAN ini masih terbilang ‘rumit’. Pasalnya dalam kenyataannya masih tersandung sejumlah persoalan, terutama masalah keamanan, ekonomi dan sosial budaya yang makin ‘semrawut’. Persengketaan wilayah yang terjadi di antara sejumlah negara ASEAN digadang-gadang memperumit terciptanya persatuan ASEAN. Sebut saja konflik internal yang ada di Negara anggota ASEAN yang terlibat di dalamnya. Antara lain Malaysia, Brunei, Filipina, dan Vietnam yang terlibat persengketaan dengan China, Taiwan di Laut China Selatan. Tak kalah serunya pada kasus Filipina yang belum terselesaikan adanya "Deklarasi Perilaku Laut Tiongkok Selatan”, serta eskalasi kekerasan di Myanmar pada konflik etnis di Rohingya maupun di Meiktila.

“Bagaimana bisa menciptakan persatuan pembangunan ASEAN kalau di dalam Negara-negara ASEAN masih banyak konflik? “ Dalam hal ini paradigma pendukung komunitas ASEAN berusaha keras untuk menyatukan rakyat dan menciptakan masa depan ASEAN dengan berdasarkan tiga pilar yaitu masyarakat Keamanan ASEAN (ASC), Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) dan Masyarakat Soaial-Budaya ASEAN (ASSC).
pic: therealsingapore.com

Monday, September 2, 2013

Dilematis Kebebasan Pers Filipina

Kebebasan berekspresi dan berpendapat merupakan salah satu hak yang paling mendasar dalam kehidupan bernegara. Perlindungan dan kepastian hukum dalam menegakkan hukum perlu adanya transparansi / keterbukaan yang melibatkan peran serta masyarakat. Maka dari itu, kebebasan pers, hak wartawan dalam menjalankan fungsinya mencari dan memberitakan informasinya harus dipenuhi, dihormati, dan dilindungi.

Pengekangan kebebasan pres berekspresi yang terlalu berlebihan akan meresahkan media journalism untuk kebebasan menyebar luaskan informasi yang ada akan dipaksa untuk memuat setiap berita yang palsu, atau tidak boleh bertentangan dengan pemerintah. Bisa jadi, kebebasan pers ada tetapi lebih terbatas untuk memperkuat status quo, ketimbang guna membangun keseimbangan kontrol publik (termasuk pers). Karenanya, tidak mengherankan apabila kebebasan pers itu lebih tampak sebagai wujud kebebasan (bebasnya) pemerintah, dibanding bebasnya pengelola media dan konsumen pers, untuk menentukan corak dan arah isi pers tersebut.
pic: pontianak.tribunnews

Sunday, September 1, 2013

Menyikapi Sengketa Singapore – Malaysia


Konflik mengenai perbatasan Singapura dan Malaysia ini sesungguhnya bukanlah hal yang baru lagi diantara negara-negara ASEAN. Hubungan bilateral antara Singapura dan Malaysia terbilang rumit. Salah satunya soal permasalahan perbatasan di wilayah Pedra Branca atau Pulau Batu Puteh. Awal munculnya sengketa bermula dari Singapura memprotes tindakan Malaysia memasukkan pulau Pedra Branca dalam teritorinya saat menerbitkan peta baru Malaysia. Malaysia pun membawa perkara tersebut lanjut ke meja Mahkamah Internasional di Hamburg pada 4 September 2003.

Persengketaan wilayah antara Singapura dan Malaysia adalah perebutan pulau yang terletak di pintu masuk selat Singapura sebelah timur, terdapat tiga pulau yang dipersengketakan, yaitu Petra Branca (disebut Pulau Batu Puteh oleh Malaysia), Batuan Tengah dan Karang Selatan. Persengketaan dimulai pada tahun 1979 dan keputusan Mahkamah Internasional telah menetapkan satu dari dua pulau tersebut yaitu Petra Branca jatuh pada Singapura pada tahun 2008 lalu, Sementara  'Batuan Tengah' diberikan pada Malaysia.

gambar: wikipedia

Saturday, August 31, 2013

Investasi Diplomatik Laos

“Tak kenal maka tak sayang” Dari sepuluh negara ASEAN hanya Laos-lah yang tidak begitu ku kenal, maka tak ada salahnya saya sebagai warga Negara Indonesia, lebih mengenal lagi tentang negara Laos.

Keberadaan Negara Laos terhimpit ditengah-tengah Negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, Kamboja dan Thailand hingga konon di dominasi oleh kerajaan kuno dari kerajaan Nanzhao dan muncullah Kerajaan Lan Xang pada abad ke 14. 

Gambar:wikipedia

Friday, August 30, 2013

Kopi Indonesia Mendunia

Indonesia masih menjadi penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Hal ini dikarenakan peruntungan wilayah geografis Indonesia terletak di zamrud khatulistiwa, dimana iklim tersebut cocok untuk pertumbuhan dan produksi kopi. Sementara luas lahan perkebunan kopi Indonesia mencapai 1,3 juta hektar, dengan luas lahan perkebunan kopi robusta mencapai 1 juta ha dan arabika 0,30 ha, Jumlah tersebut terdiri dari produksi kopi robusta mencapai lebih dari 601 ribu ton (80,4%) dan produksi kopi arabika mencapai lebih dari 147 ribu ton (19,6%), Sehingga produksi kopi tahun 2012 tercatat sebesar 748 ribu ton per tahun atau 6,6% dari produksi kopi dunia. 

Industri kopi di Indonesia menjadi salah satu prioritas yang harus terus dikembangkan inovasinya. Beberapa produk kopi andalan dalam negeri adalah Gayo Coffee, Mandaling Coffee, Lampung Coffee, Java Coffee, Kintamani Coffee, Toraja Coffee, Bajawa Coffee, Wamena Coffee, dan juga Luwak Coffee yang dari segi rasa dan aroma khas sesuai dengan indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia.

Tanaman Kopi
Gambar: cikopi.com

Thursday, August 29, 2013

Sudahkah Anda Mempunyai Visa?

Nisa : “Gak punya Visa? Yah bikin lah!”
Tia: “Bukankah kalau mau ke luar negeri sudah cukup hanya dengan passport saja?”
Nisa: “yang pasti Visa itu izin untuk masuk ke negara lain dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu, sedangkan passport itu merupakan identitas kewarganegaraan yang mencakup informasi tentang kepemilikan identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan tempat lahir."

Dari pembicaraan kedua teman saya membuatku penasaran dan ingin mengetahui, benarkah kalau mau visit ke luar negeri itu cukup menggunakan paspor saja atau harus memakai Visa? Kerancuan pemahaman ini membuat setiap orang yang tidak mengetahui hal tersebut menjadi bingung tentang kebenarannya.

Contoh VISA, gambar: underconsideration.com

Wednesday, August 28, 2013

Indonesia is Paradise Wonders

Bicara tentang Indonesia, taukah sobat kalau Indonesia itu super sangat cantik? Dengan keaneka ragaman kekayaan alam dari Sabang hingga Merauke tak lepas dari banyakknya tempat wisata yang harus sudah mendunia. Kekayaan biota laut terumbu karang terkaya di dunia dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia, serta lebih dari 3.000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan sekitar 600 hingga mencapai titik selam yang tersebar. Selain itu komponen yang terpenting dalam pariwisata alam di Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa, juga merupakan negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia.

Indonesia yang jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia mencapai 7 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,74% dibandingkan tahun sebelumnya, dan menyumbangkan devisa bagi negara sebesar 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat. Hingga tahun 2010, terdapat 7 lokasi di Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO, diantaranya Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatera. Ada pula keajaiban tempat wisata seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Toraja, Minangkabau, Pantai Sawarna, Pulau Komodo, Ujung Kulon National Park, Lorentz National Park yang sampai sekarang menjadi World Heritage List.

Pantai Sawarna - Banten. Gambar: Lakupon 

Tuesday, August 27, 2013

Borobudur Vs Angkor Wat

Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Bentuk Candi berupa stupa yang didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma). Borobudur, pada tahun 2010 telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Bagaimanakah sejarah Candi Angkor Wat? Menurut berita di situs resmi wikipedia Candi Angkor Wat merupakan sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja yang dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil.

Raja Suryavarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat, kemudian abad ke-13 dialihfungsikan menjadi kuil Buddha. Pada tahun 1992 Angkor Wat juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.


Salon Thailand Akan Menjamur di Indonesia?

Era Globalisasi integrasi persaingan bisnis telah memasuki pasar bebas dunia usaha ASEAN yang akan diberlakukan di tahun 2015 ini sepertinya membuat resah para pengusaha Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan informasi tentang keterkaitan kesiapan Indonesia menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 dimana kawasan ASEAN akan menjadi pasar tunggal berbasis produksi tunggal. Selayaknya seluruh negara ASEAN harus melakukan liberalisasi perdagangan dengan arus modal usaha yang lebih bebas sebagaimana yang telah digariskan dalam ASEAN Economic Community (AEC).

Indonesia merupakan sasaran ‘empuk’ pelemahan dalam menghadapi persaingan bisnis dari negara-negara ASEAN lainnya. Pasalnya dari segi aspek kemampuan tenaga kerja dan teknologi dalam kesiapan menghadapi AEC 2015 kurang begitu siap. Indonesia harus berusaha keras mencetak kualitas tenaga kerja Indonesia agar memenuhi persyaratan di negara ASEAN lainnya khususnya di bidang dunia pengusaha.
Seharusnya jika dilihat dari jumlah penduduk, wilayah dan sumber daya alam Indonesia merupakan paling besar di kawasan ASEAN. Sudah sepatutnya Indonesia menjadi pemain utama dalam program peningkatan kualitas SDM yang bisa memenuhi standar dalam memerangi persaingan bisnis.

Thursday, August 22, 2013

Jambu Darsono Memperlancar Persalinan

“ Bu, punya Jambu Darsono? Atau kalau ke pasar saya titip belikan ya....” Kalimat yang terlontar dari seorang ibu muda sedang hamil 8 bulan yang tengah mengidam.  Begitu saya pergi ke pasar, ternyata jambu itu tak ada. Kata pedagang buah di pasar, jambu Darsono itu sangat mahal. Biasanya per kilo dijual Rp 30.000,-

Emmm....seperti apa sih jambu darsono? Saya yang tak pernah tau penampakannya jadi semakin penasaran deh!

Sunday, August 18, 2013

Benarkah Indonesia Sudah Merdeka?

Teringat di masa kecilku, ketika itu saya masih duduk di bangku SMP.  Waktu itu diperayaan hari Kemerdekaan  17 Agustus saya selalu ikut serta meramaikannya dengan mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan di sekolahan maupun di kampung halaman rumah. Mulai dari baris berbaris, paduan suara, hingga baca puisi. Ada juga lomba balap karung, kelereng, memasukkan paku dalam botol, makan krupuk, dan masih banyak lagi. Pengalaman yang paling berkesan saya terpilih menjadi petugas pengibar bendera Merah Putih sewaktu upacara di tingkat kabupaten. Pengalaman itu membuatku terkenang sampai sekarang. 

Berkibarlah benderaku Merah Putih.

Semaraknya peringatan hari Kemerdekaan Indonesia selalu dipersiapkan tiga hari sebelumnya. Mulai dari pemasangan bendera merah putih, memasang pernak-pernik hiasan kemerdekaan atau lampu hias kerlap-kerlip di jalanan, kerja bakti di lingkungan, sebagian ada yang mengecat rumah dan masih banyak lagi. Kemudian selain itu, ada juga perayaan pawai alegori, karnaval, gerak jalan, dan puncak yang wajib diikuti adalah upacara bendera yang di adakan tepat pada tanggal 17 Agustus untuk selalu pengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Saturday, August 17, 2013

Tradisi Kupatan di Suku Tengger - Bromo

Sepekan sudah lebaran telah usai. Kini, pada umumnya umat muslim biasanya mengadakan acara kupatan sebagai tanda kemenangan di hari lebaran. Bagaimana dengan suku Tengger, masih adakah adat kupatan disana?

Foto: koleksi pribadi. Sayur Ketupat.

Desa Ngadas merupakan satu-satunya desa suku Tengger yang berada di wilayah pinggiran Kabupaten Malang. Kurang lebih ada 37 desa terdapat di suku Tengger yang tersebar di wilayah pinggiran Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruhan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Kebanyakan dari penduduknya memeluk agama Hindu Mahayana. Khusus di desa Ngadas, mayoritas penduduknya memeluk agama Budha Jawa Sanyata yang mengacu pada ajaran Ki Semar (bukan pada Sidharta Gautama). Agama tersebut dianut oleh nenek moyang terdahulu, yang sejarahnya sejak jaman dahulu kala selalu di yakini para abdi dan prajurit kerajaan Majapahit yang bermigrasi ke daerah pegunungan ketika kerajaan Majapahit terdesak oleh serangan dari kesultanan Demak.

Friday, August 16, 2013

Berkah Halal Bihalal

Lebaran memang tak lepas dari mudik, apalagi liburan lebaran barengan dengan liburan sekolah jadi tak ada alasan untuk tidak mudik. Mudik sendiri fungsi utamanya adalah untuk menyambung tali silahturahmi kepada sesama.

Suasana lebaran masih terasa. Tamu pun masih silih berganti saling berkunjung untuk saling bersilaturahmi. Adapun istilah halal bihalal sebenarnya sama artinya dengan silaturahmi, namun menurut saya,
halal bihalal lebih cocok diartikan silaturahmi pada momen lebaran.

Rasanya senang sekali dapat berkumpul dengan orang tua, keluarga besar, mertua, kakek mertua, eyang buyut dari mertua, sesepuh dari sodara jauh, teman-teman, pokoknya lebaran kali lebih terasa maknanya daripada tahun kemarin. Jika tahun kemarin saya cuman bertemu dengan mama saja, sekarang ini rasanya plong bisa lebih banyak lagi bersilaturahminya.

Friday, August 2, 2013

Pengalaman Pertama Mengikuti Ngablogburit

Lebaran tinggal mengitung hari saja. Makin hari mulai disibukkan dengan persiapan menyambut hari lebaran. Mulai dari membuat kue lebaran, persiapan mudik, berburu oleh-oleh, hunting baju lebaran buat si kecil dan masih banyak lagi yang harus di persiapkan.

Rasanya masih kurang saja. Pengennya bulan Ramadhan diperpanjang saja ya...Berakhirnya Ramadhan pasti menyisakan kesan yang bergitu  mendalam. Apalagi kesan saat ngabuburit berkumpul dengan keluarga, teman dan colega. Terasa begitu menyenangkan.

Nah, kalau biasanya ngabuburit, sekarang ini lebih seru lagi kalau ikutan ngablogburit. Apa sih ngablogburit itu? Hampir mirip dengan ngabuburit sih, bedanya kalau ngablogburit itu saat menanti berbuka sambil nge-blog. Wah, ini acara yang paling bikin sensasi nih, sumpah bikin heboh! Gimana tidak, tema yang di lempar oleh admin setiap harinya berubah-ubah dan baru dikasih tau mulai jam tiga sore, kemudian berakhir pada jam enam malam. Menurut saya waktu yang diberikan benar-benar sangat teramat singkat! mengingat waktu yang disediakan itu pas repot-repotnya saya memasak, menyiapkan hidangan berbuka, kadang-kadang menemani si kecil jalan-jalan dan sebagainya.

Wednesday, July 31, 2013

Diary Gokil My Mom

Mamaku adalah seorang wanita mandiri. Sewaktu masih muda juga masih bekerja di kantor, mamaku selalu mendapatkan julukan 'miss perfectionis'. Saking perfect-nya justru malah tingkahnya terlihat lucu membuat orang di sekitarnya geleng-geleng kepala. Ada 10 kejadian gokil yang gak sengaja mama lakukan. Begini ceritanya:

1. Mama yang sudah ahlinya dalam menyetir mobil selalu membuatku takut jika mama yang mengendarainya. Gimana gak takut kalau mama suka nyetirnya ngebut, sleat-sleot di jalan. Nah, sambil menyetir mobil dengan mengenakan pakaian necis dan memakai kaca mata hitam gaul selalu mengundang para lelaki brondong itu menggoda mama lewat spion. Ketika mobil mama diselip, si brondong itu berkata : "hallo cewek, godain kita donk...?" sontak si brondong itu makin menjadi. Lalu mama berkata : "Cilukkk baaaa........!!!" (mama sambil membuka kaca mata-nya) si Brondong itu pun terkejut dan langsung melajukan mobilnya dengan kencang.
mama, Vica, aku (ki-ka)

Monday, July 29, 2013

Bakso Bakar Ikan dan Brokoli

Makanan sehat sekarang ini memang sangatlah langka. Saya memilih untuk memasak sendiri untuk menu berbuka puasa maupun untuk saur. Disamping terjamin kebersihannya juga lebih berselera menentukan rasa yang kita mau.
 Bakso ikan campur brokoli yang telah bakar 

Disaat bulan Ramadhan, biasanya saya lebih suka makanan yang berkuah segar dan gurih. Hal itu memang sangat baik untuk mengganti 'energi' tubuh yang telah hilang. Seperti sayur soup, sayur asem, bakso, lodeh dan lainnya. Di temani dengan lauk ikan goreng atau ayam goreng. Nah, karena sekarang ini harga ayam dan daging melonjak semakin mahal, saya terus terang untuk sementara ini tidak berani untuk berbelanja bahan tersebut. Karena di situasi mahalnya harga tersebut biasanya kualitasnya menjadi kurang baik. Maka dari itu makanan alternatif favorit saya di saat bulan puasa ini beralih menjadi "Bakso Bakar Brokoli Ikan" berduet dengan kuah kaldu ikannya yang segar dan gurih. wuuuiihhh......makin berselera rasanya untuk makanan berbuka puasa maupun saur.

Kenapa saya memilih sayur brokoli? Karena  brokoli sayur yang sangat bagus, salah satunya mengandung anti oksidan. Nah, anak-anak biasanya kalau disuruh makan sayur brokoli susah banget, karena brokoli itu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, tidak disukai anak-anak. Namun, jika dipadukan dengan ikan, bisa juga menghilangkan aroma amis ikan-nya. Jadi kolabrasi yang sangat tepat menurut saya. Kalau tidak di campur dengan yang lainnya, pasti anak-anak tidak mau makan. Maka dari itu saya mengakalinya agar di campur dengan ikan untuk dijadikan bakso. 

Ngabuburit Paling Asyik Ngapain ya?

Istilah ngabuburit sudah menjadi populer di kalangan masyarakat. Ngabuburit yaitu mengisi waktu kosong untuk menunggu berkumandangnya adzan Magrib tiba untuk berbuka puasa. 

Hari mulai beranjak sore, sambil menunggu berbuka, ada banyak hal yang sering dilakukan oleh banyak orang, diantaranya biasanya melakukan kegiatan seperti bersepeda, shopping, mamasak, bersantai di taman, dan lain sebagainya. Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk ngabuburit.

Sunday, July 28, 2013

Impian Bertamasya ke Pulau Seribu

”Liburan tlah tiba, hore...horee....horreee!!!” Begitulah serunya anak-anak jikalau menjelang liburan. Pasti selalu mengajak jalan-jalan. Kali ini kita jalan-jalan kemana ya...?? Rencana sih pengen ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Ingin sekali mengunjungi Pulau Seribu. Katanya, Kepulauan Seribu ini adalah surganya Jakarta. Benarkah??? Eeehhmm....jadi penasaran nih....

Sumber gambar: Agen Tour wisata Pulau Seribu 

Tuesday, July 9, 2013

[Fiksi] Gengsi


Seperti biasanya, kebiasaan kakek tak pernah menolak ajakan cucunya(6tahun).

“Kek, balapan renang yuk...”

“Ayo...siapa takut!? Kalau menang kakek minta disuapi ya...”

“Kok berenangnya pakai pelampung sih? Kan kakek bisa renang?”

“Ooiyaaa lupa! enak juga ya renang pakai pelampung, berasa seperti balita...”

“Kakek lagi mimpi yaa, bukannya kakek sudah 63 tahun?”

“Ahh, siapa bilang? Tapi kenapa kulitku jadi keriput yaa...pasti ini gara-gara kedinginan deh...”





Monday, July 1, 2013

Cara menghitung Jumlah ‘Kata’

Seringnya ikut kompetisi makin pengalaman pula dalam menulis. Suatu ketika dalam kompetisi menulis ditentukan untuk bercerita tidak melebihi 500 kata. Nah, saya bingung!!! 500 kata itu seberapa banyak yaa??? Masak iya saya harus menghitung manual satu persatu dengan jari??? Bisa di ketawain sama anak-anak donk…Wkwkwk....

Karena belum tau, lalu saya menulis ulang pada massege phone/handphone duh ribet banget sih hehehe... Kemudian saya menanyakan hal itu pada sohib saya, dan dia pun menyarankan saya untuk menulis pada MS Word. Nah, setelah saya otak-atik, ternyata di MS Word 2007/2010 ada cara menghitung jumlah kata, karakter, paragraph dan baris dalam suatu teks atau dokumen. Sudah pada tau belum? Yang belum tau, begini caranya:

Wednesday, June 26, 2013

Inspirasiku Berawal dari Alunan Musik

Saya termasuk penikmat berbagai jenis musik. Mulai dari musik yang berirama pelan sampai yang bertempo cepat. Kebiasaanku sejak dibangku sekolah selalu belajar sambil mendengarkan musik. Pokoknya tiada hari tanpa musik. Entah itu dari tape atau radio. Dalam keseharian musik banyak bermanfaat untuk memompa semangat hidup. Jika saat pikiran mulai melemah, musik-lah yang cepat membantu memulihkan, hingga sering kali terciptalah sebuah ide-ide cemelang dalam berkarya.

Terkadang jika kita sedih atau 'bad mood', dengan mendengarkan musik yang sesuai keadaan, maka akan mewakili perasaan yang sedang dirasa. Seakan-akan musik dapat mengerti tentang ungkapan isi hati kita. Namun ada juga yang lagi galau atau sedang bosan, dan ingin menyemangati diri sendiri biasanya lebih suka mendengarkan musik yang bernada rock. Seperti saya, ketika semangat lagi kendor, suka mendengarkan musik 'RnB'. Apa lagi kalau sedang dilanda Insomnia (susah tidur) biasanya alunan musik syahdu yang selalu menemaniku hingga tertidur lelap. 


Gambar: koleksi pribadi

Dulu, sewaktu saya hamil suka banget mendengarkan musik mozaik atau klasik, menurut pakar penelitian