Sunday, July 28, 2013

Impian Bertamasya ke Pulau Seribu

”Liburan tlah tiba, hore...horee....horreee!!!” Begitulah serunya anak-anak jikalau menjelang liburan. Pasti selalu mengajak jalan-jalan. Kali ini kita jalan-jalan kemana ya...?? Rencana sih pengen ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Ingin sekali mengunjungi Pulau Seribu. Katanya, Kepulauan Seribu ini adalah surganya Jakarta. Benarkah??? Eeehhmm....jadi penasaran nih....

Sumber gambar: Agen Tour wisata Pulau Seribu 


Sebelum berangkat, sebaiknya saya harus mencari informasi terlebih dulu. Karena saya berdomisil di kota Malang, untuk menuju ke Pulau Seribu lumayan jauh, jadi butuh persiapan yang 'matang'. Maka dari itu, saya browsing seputar Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu lokasinya terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, berada di teluk Jakarta. Transportasi menuju tempat wisata ini bisa dilalui dengan menggunakan kapal cepat, berangkat dari dermaga Marina Ancol Jakarta atau bisa juga mengambil keberangkatan dari dermaga Kaliadem, Muara Angke. Ooww.....kalau begitu harus siap-siap minum obat anti mabuk donk, pasti yang tidak terbiasa naik kapal laut akan mabuk laut deh...



Sumber gambar peta:  agen tour wisata Pulau Seribu  

Kepulauan seribu ini sering disebut juga “Thousand Island Resort“. Ternyata di Kepulauan Seribu ini kita bisa berkelana menjelajahi pulau-pulau kecil yang terdapat di Kepulauan Seribu. Antara lain pulau Kahyangan, pulau Bidadari, pulau Edam, pulau Tidung, pulau Kelor, pulau Rambut, pulau Ayer, pulau Puteri, pulau Matahari, pulau Sepa, Pulau Bira Besar, Pulau Kotok, Pulau Pelangi, Pulau Laki, Pulau Pamagaran, pulau Sabira, Pantara Barat dan Pantara Timur, pulau Saktu dan pulau Penike dan masih banyak lagi pulau yang lainnya (sumber: pulauseribujakarta). wwuuuiiihhh....Semuanya harus dikunjungi nih. Setiap pulau pasti berbeda, mempunyai ciri khasnya masing-masing. Namun menurut cerita yang saya baca, pilihan ke Pulau Putri inilah wahana wisatanya lebih lengkap dibandingkan dengan pulau yang lainnya.


Pantai di Pulau Putri, pasirnya putih bersih dan mempesona. Sumber foto: agen tour wisata Pulau Seribu

Membayangkan selama di perjalanan naik perahu terombang-ambing oleh ombak dan memusingkan. Namun ternyata terbayarkan sesampainya di Pulau Putri rasa lelah jadi sirna seketika melihat keindahannya tak kalah dengan wisata yang ada di luar negeri. Jadi tak perlu jauh-jauh berwisata ke luar negeri, Indonesia juga  tak kalah menariknya,  kaya alam wisatanya, salah satunya seperti pulau seribu ini. Sepertinya kalau dilihat dari dokumen foto-fotonya, pantainya elok tiada tara. Di setiap sudut arah padangan yang kita lihat selalu mempersona. Lautnya masih terlihat alami, pasir pantainya pun putih bersih. Ahh...kebayang deh, pasti kalau berkunjung kesana anak-anak langsung asyik bermain pasir, main air, mencari keong kecil-kecil di sela-sela batu karang pinggir pantai. Pemandangannya indah sekali, mulai pagi sampai menjelang malam tetap terlihat tampak menawan. Hanya saja kelihatannya terik matahari di siang hari lumayan menyengat, jadi kalau tidak ingin kulitnya terbakar kita harus sedia SunBlok atau lebih enjoy kalau jalan-jalannya sore hari dan ternyata bisa juga loh melihat sunset dan sunrise di pulau Putri ini. Pasti kilau cahayanya bikin waaaww.....romantis!



Pemandangan permukaan laut saja begitu menakjubkan, apalagi di kedalaman lautnya lebih tabjub lagi. Jika ingin tau keindahan dalam lautnya bisa ikutan paket diving dan snorkeling. Bagi yang belum pernah diving dan snorkeling, mintalah pendamping para petugasnya. Atau yang hobby olahraga di air bisa mencoba speed boat. Disana juga tersedia persewaan peralatan diving dan speed boat. Kita juga bisa mengabadikan moment keindahan dalam laut dengan kamera, tentunya dengan kamera khusus. Tapi jangan kuatir, bagi yang tidak berani meyelam dalam air, kita bisa melihatnya di Undersea Aquarium. Terowongan kaca bawah laut yang memang di desain khusus untuk menikmati pemandangan bawah laut, seakan-akan kita berada di dalam laut. Air-nya jernih sehingga bisa terlihat ikan laut yang berwarna-warni dan karang laut yang bentuknya uniq-uniq.  Yuuuhhhuuuyyy memanjakan mata deh....


Underwater Tunnel Aquarium di Pulau Putri. Sumber foto: travel wisata Pulau Seribu.


Menurut pengalaman Ryzqi salah satu agen tour di Pulau Putri ini, sebelum menuju kesana, alangkah baiknya kalau kita harus pesan tempat menginap dulu dari jauh hari, mengingat banyaknya wisatawan yang berkunjung, takutnya tempat menginapnya penuh. Apalagi di hari sabtu – minggu atau hari liburan. Jadi kita bisa booked tempat resort jauh hari sebelumnya, bisa juga pesan melalui via online.

Pemandangannya indah, airnya terlihat biru. Sumber foto: agen tour pulau seribu

Dilihat dari peta, lokasi Pulau Putri jaraknya tidak jauh dari Pulau Sepa. Tak ada salahnya ya nanti sekalian mampir ke Pulau Sepa. Di Pulau Sepa ini ternyata ada banyak resto yang view-nya menghadap ke laut. Warna lautnya yang biru membuat pikiran jadi adem. Makanan yang disajikan jelas kebanyakan makanan dari hasil laut, seperti ikan salmon, kerapu, kepiting, ikan tuna, udang, kerang, cumi-cumi dan sebagainya. “Hhheemm enaknya....Kepiting asam manis adalah salah satu makanan favoritku. Membayangkan menyantap makanan sambil menikmati semilirnya tiupan angin spoi-spoi, bersantai di teras depan resort sambil mendengarkan ramainya deburan ombak, bahkan bisa juga sambil memancing. Waahh, makin kepingin berkunjung nih.... benar-benar refresing ya disana, melepas kelelahan rutinitas pekerjaan yang selama ini lumayan menjenuhkan, rasanya ingin sekali mempunyai second home disana. 
 Pulau Sepa. sumber foto dari agen travel Pulau Sepa 

Kepulauan Seribu ini mempunyai nilai historis yang begitu romantis. Mitos yang terdengar di wisata Pulau Tidung terdapat jembatan cinta atau jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Tidung besar dan kecil(sumber: ppt). Konon ceritanya jembatan itu penyatu dua sijoli yang tak kan pernah terpisahkan oleh lautan. Dan ada yang bilang kalau kita melompat ke laut akan mendapatkan jodoh atau berjalan di sepanjang jempatan itu bersama orang yang kita cintai maka hubungan percintaannya akan langgeng sampai akhir hayat. Eemm benarkah? begitulah kata orang-orang, benar tidaknya kenyataan itu biarlah menjadi rahasia alam hehehe.....

Icon Pulau Tidung, Jembatan Cinta. Sumber foto: agen tour Pulau Tidung

Tak kalah menariknya dengan Pulau Ayer. Pulau ini suasanannya lebih menyepi daripada pulau yang lainnya. Terkenal dengan cottages bernuansa etnik yang mengapung di tengah laut. Sepertinya ombaknya lebih bersahabat, sehingga kita bisa bersantai menikmati alam sekitar dengan nyaman, tidur ditemani dengan suara riuhnya ombak. Sangat cocok untuk beristirahat atau mencari ketenangan hati. Kira-kira gimana ya rasanya punya rumah yang mengapung di tengah laut gini? eemmhhm.........


Pulau Ayer. Cottages di tengah laut. sumber foto dari agen travel Pulau Ayer

Andai aku tau sejak dulu keindahan Pulau Seribu ini, harusnya aku bisa membuat foto pre-Wedding  ‘ala Hawai’ disana. Atau malah mengadakan pesta pernikahan di Pulau Seribu. Pasti seru deh....eeiit....sudah lewat, tak apalah. Masih bisa universary disini atau second haneymoon hehehe.... 

Jadi, pilih mau kemana nih liburannya? Bingung deh, semuanya bagus. Biayanya murah kok, apalagi kalau perginya rombongan rame-rame pasti lebih seru dan harganya jauh lebih murah. Berpetualang ke Pulau Seribu ini sepertinya benar-benar liburan yang sangat menyenangkan. Sungguh layak untuk dikunjungi, menjadikan tempat wisata yang asyik. Jadi, yang belum berkunjung ke Pulau Seribu, tentukan planning liburan ke Pulau Seribu, ajaklah teman-teman semua, tentunya membutuhkan waktu liburan yang panjang biar puas menjelajahi di setiap pulau. Jangan cuman membayangkan saja, Ayo berangkat ke Pulau Seribu……….!!!

***
Tulisan ini diikut sertakan mengikuti lomba blog dengan tema "Keindahan Pulau Seribu" yang diselenggarakan oleh Enjoy Jakarta dan Vivalog.


following twitter Enjoy Jakarta dan Vivalog






Post a Comment