Saturday, November 16, 2013

Pemicu Kebiasaan Mengigau

Entah kenapa Vica akhir-akhir ini suka mengigau. Dan mengigaunya bukan pas tidur diwaktu malam hari, tapi kebanyakan terjadi saat dia tidur siang. Aneh, lucu dan geli ketika melihat Vica sedang mengigau.
Vica saat tidur


Kala itu Bunda merhatikan Vica sedang tidur siang, pules sekali mungkin karena kacapean pulang dari sekolah. Nah, tiba-tiba aja dia terbangun lalu mencucup pipiku (bundanya) sambil merem+gregetan dia bilang..."mana-mana minumnya..." oh, ternyata pipi bunda dikira minuman. Vica haus, sampai mengigau. Saat Vica beranjak menuju ke ruang makan mau buka kulkas juga keliru buka lemari, dan hangerlah yang di cucupnya. hahaha...Untung Bunda tau saat Vica mengigau. Kalau gak gimana jadinya ya...???

Sebelum memapah Vica menuju kulkas untuk mengambil air putih, aku sempet cekikikan bercampur was-was. eehhhmm, ternyata Vica sedang mengigau atau dalam bahasa jawanya nglindur. Buru-buru saya membangunkan Vica agar segera tersadar dari ngigaunya. Setelah minum, Vica pun kembali melanjutkan tidur siangnya. 

Kemarin juga begitu, saat tidur siang, Vica tiba-tiba tidur sambil menari, gerak-gerakin tangannya sambil tersenyum hehehe...

Dua hari yang lalu juga begitu, saat tidur siang juga, Vica tiba-tiba seperti menghafal vocab bahasa Inggris sambil ketawa.....eehhmm, benar-benar keseringan ngigau ya...

Setelah di telusuri, apa sih penyebab mengigau itu? Melihat gejala yang ada pada Vica,

1. Mengigau bagi anak-anak bisa disebabkan karena kecapean atau kurang tidur. 
Kalau melihat kegiatan Vica sih memang full kegiatannya setiap harinya. Mulai sekolah, les Inggris, latihan nari, belajar musik, mengaji. Tapi menurut Bunda sih, walaupun Vica hari-harinya penuh dengan aktivitas, jadwal tidur siang dan malam tidak pernah berkurang. Malahan Vica selalu tidur siang setiap hari minimal 2 jam, dan tidur malam pun selalu continue, jam 8 malam aja Vica sudah nglepes. Jadi kalau saya lihat, mungkin bukan karena kekurangan tidur, tapi karena kecapekan saja.

2. Stress.
Bisa jadi keseringan anak-anak mengigau dikarenakan beban pikiran atau psikologisnya sedang terganggu. Ini mungkin benar bagi Vica. Tak mengelak, Vica pengen banget mencoba ngikuti audisi "Little Miss Indonesia". Persiapannya performsnya sih sudah matang, tinggal persiapan ke Jakarta-nya nunggu jadwal yang pas supaya gak terlalu lama ijin sekolah dan les Inggrisnya. Makanya, mungkin Vica kepikiran, kok gak cepet-cepet ikutan audisinya, malah molor-molor mulu nih Bundanya hehe... Makanya, gak heran kalau efeknya sampai ngigau segala...

3. Mengigau terjadi dari faktor keturunan. 
Seringnya mengigau juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Hayoo, Vica nurun siapa ya kira-kira???? emm...kayaknya turunan dari Ayahnya deh. Sama persis kalau tidur, sama-sama suka ngiler juga bantal sampe basah kena iler *hiyyeekk*, makanya bantalnya juga harus khusus,...upss..... jangan bilang siapa-siapa loh ya hihihii....

4. Mengigau juga bisa terjadi saat sedang sakit / demam tinggi.
Kalau yang satu ini emang sangat wajar. Karena pengaruh demam tinggi, kenyamanan tidur pun jadi terganggu.

5. Saat Mimpi.
Tidur mengigau bisa juga terjadi ketika tidur sedang memimpikan sesuatu sehingga tanpa tersadar sampai menggerak-gerakan tubuh atau bahkan sampai berbicara saat sedang tidur (istilahnya mengigau)

Itulah beberapa pemicu kebiasaan mengigau menurut kacamata saya. Jika ada pendapat lain, silahkan ditambahkan di komentar ya....

Ada baiknya kebiasaan mengigau itu harus segera dikurangi. Jadi, kenali pada anak kenapa penyebab terjadinya mengigau. Terlalu sering mengigau juga tidak baik bagi anak-anak. Mengigau mengakibatkan tidur menjadi terasa tidak nyaman dan otak pun tak bisa rileks saat sedang tidur.

Post a Comment