Wednesday, September 1, 2010

Budget Lebaran


-->
-->
Pasti deh yang namanya L.E.B.A.R.A.N ngeluarin kocek banyak. Shopping, baju, kue, mudik, belum lagi kalau anda adalah “Miss Prefect” maunya pengen tampil beda/tampil serba baru disaat Lebaran. Termasuk mengganti dekorasi ruang tamu, seperti korden, bantal sofa, tempat kue, tempat minum/cangkir, piring, dll pasti donk perlu pengeluaran exstra???

Tak terasa pengeluaran pasti sampe melunjak melebihi anggaran bahkan setelah lebaran gak sedikit orang pada ngeluh gak punya uang alias tongpes. Duuhhh.......nggak banget dech =,=!' hehehe......

Saya sih bukan pakar keuangan, tapi menurut survei dan pengalaman, saya mau berbagi tips gimana caranya ngatur keuangan disaat jelang lebaran. Hyuukk mare ngintip yok hehe….
  1. Kita harus mulai hal yang paling terpenting dulu, mulai dari pengeluaran untuk Zakat, THR Asisten RT/ THR karyawan. Yang ini justu di dahulukan, baru kepentingan pribadi.
  2. Kalau mau mudik pastilah kita butuh pengeluaran buat transportasi. Entah itu tiket pasawat, mobil pribadi/mobil sewa butuh bensin termasuk biaya perbaikan. Ya kita kan berharap di perjalanan lancar aman terkendali tanpa ada hambatan, tapi gak ada salahnya juga untuk jaga-jaga jikalau nanti tiba-tiba mobil mogok di jalan. Selain bawa peralatan mobil sendiri, tidak menuntut kemungkinan kalau mogoknya parah, mau gak mau pasti deh mangkir ke bengkel. Betul??? Hehe…..
  3. Biaya untuk Shopping. Yang ini sih bisa ‘IYA’ dan bisa ‘TIDAK’. Tidak semua orang suka ngabisin uangnya untuk shopping, tapi juga gak sedikit orang doyan banget sama shopping. Apalagi yang suka nge-Mall. Coba deh sekali-kali belanja di pasar, shopping apa aja ada, seperti pecah belah, tempat kue, cangkir, taplak dll. asyik juga loh belanja dipasar yach walau berbecek-becek ria tempatnya gak semewah seperti di Mall, tapi kita bisa menawar harga seminim mungkin dan mutu kualitasnya sama aja kok, asal kita harus pinter-pinter milih barangnya. Bisa hemat dikit kan?belanja murah, dapetnya banyak hehehe………
  4. Nyiapin oleh-oleh. Ngak enak juga kan kalau mudik gak bawa oleh-oleh???gak harus mahal dan mewah. Kita harus ngukur lagi nih isi dompetnya. Jangan karena gengsi abis kita ngambur-ngamburin uang untuk pamer ke orang/keluarga. Yang terpenting ngasih oleh-olehnya Ikhlas……
  5. Jangan lupa menabung! Jangan sampai gaji/penghasilan kita habis terkuras tanpa tersisa. Kita harus melanjutkan kehidupan kedepan setelah lebaran. Jangan sampai kita kehabisan uang dan hindari membuka lembaran ulang kartu kredit akhirnya menambah daftar tagihan, bikin pusing kepala tuh qkqkqkqk…

Nah, gimana dengan pengalaman anda?boleh ditambah tuh poinnya hehe......Moga ke lima poin ini bermanfaat ya………
H.A.P.P.Y L.E.B.A.R.A.N

Post a Comment