Saturday, November 16, 2013

Pemicu Kebiasaan Mengigau

Entah kenapa Vica akhir-akhir ini suka mengigau. Dan mengigaunya bukan pas tidur diwaktu malam hari, tapi kebanyakan terjadi saat dia tidur siang. Aneh, lucu dan geli ketika melihat Vica sedang mengigau.
Vica saat tidur

Monday, October 21, 2013

Kebebasan Anak Berekspresi Mengantarkan Pemimpin Masa Depan

Teringat semasa kecil saya tumbuh di keluarga sibuk. Kedua orangtua saya kerja di kantoran. Setiap hari, mulai dari pagi sampai sore hari. Bahkan diwaktu libur pun jarang bertamasya bersama keluarga, hingga akhirnya komunikasi antara saya dengan kedua orangtua saya sangat lah terbatas.

Jika tak ada keperluan, maka tak pernah ada waktu untuk mengobrol. Saya merasa kurang dekat dengan orangtua. Terutama dengan Mama. Apapun yang menjadi keinginan saya selalu terpendam. Saya merasa iri melihat teman-teman saya begitu dekat dengan orangtua-nya. Mereka bagaikan teman tanpa batas, juga tanpa jarak.


Happy Family

Wednesday, October 2, 2013

Coban Grojogan Sewu

Yang saya tau di Malang cuman ada air terjun Coban Glotak, cuban pelangi, cuban rondho. Dan tempat yang pernah aku kunjungi adalah cuban Rodho tapi itu dulu banget ketika saya masih kuliah. Setelah menikah sih saya belum pernah ke coban rondho lagi. Kenapa? takut mitos?  

Benar, cuban Rondho itu kental dengan mistis. Konon, cerita legenda dari cuban rodho bermula dari sepasang kekasih yang baru saja menikah. Sepasang sejoli ini bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Si istri nekat mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami. Sebenarnya orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut selapan.

Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo.[smbr]

Nah loh, kok malah cerita tentang coban rondho sih? apa hubungannya dengan cuban grojogan sewu? hehehe...emang gak ada hubungannya sih, cuman pengen cerita aja semenjak menikah terus terang saya gak berani mengunjungi cuban rondho karena mitosnya nanti akan jadi janda. Saya sih gak pernah percaya sama mitos, tapi saya juga gak mau coba-coba aahh....coba aja kalau ada yang mau membuktikan he.he.he...

Nah, beruntung deh saya menemukan cuban yang lain yaitu Grojogan Sewu. Gak sengaja juga nemunya, sebelumnya sih sepanjang melewati jalan arah batu menuju ke ngantang jawa timur ini ternyata ada air terjunnya. Menurut warga sekitar cuban grojogan sewu ini dulunya tertutup oleh pohon hutan seingga tidak kelihatan.
Akses menuju ke coban grojogan sewu

Friday, September 27, 2013

Rahasia Awet Muda

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”.  Itulah pepatah yang selalu harus kita ingat agar kita terbiasa dengan hidup sehat. Rutinitas yang terlalu sibuk membuat kita terlena akan pentingnya kesehatan. Hidup sehat sudah pasti menjadikan kita selalu awet muda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang akan membuat kita tetap awet muda:
Mengatur waktu agar pola hidup sehat terpenuhi.

Friday, September 20, 2013

Buah Pepaya Penyelamatku

Buah papaya merupakan buah yang kaya akan manfaatnya. Namun, kebanyakan rata-rata pada anak-anak tak begitu suka memakan buah papaya. Kalau pun di suruh memilih buah papaya atau yang lainnya;  pasti lebih memilih buah jeruk, apel, semangka, atau pun mangga. Hheemm…kenapa ya? Apa karena rasanya ya? Padahal kan rasa pepaya itu kan manis. Yah, meskipun susah-susah gampang nyari buah pepaya yang manis. Kebanyakan sih suka nemu pepaya yang kurang manis dan cenderung ‘anyep’ hampir tak berasa. 

Mau tau ciri-ciri buah pepaya yang manis?
Hampir setiap hari saya membeli buah pepaya di pasar. Pilih pepaya yang manis itu jika dilihat dari kulitnya masih segar/tidak kirut dan tak tampak ada warna hitam-hitamnya. Kalau mau pilih yang tebal dagingnya jangan memilih bentuk pepaya yang cembung, justru pilih yang besarnya rata (ramping). Dilihat dari warna kulitnya pilih warna yang cerah (hijau gradiasi keorangean).
Buah pepaya ini tebal dan rasanya manis sekali.

Wednesday, September 18, 2013

Pentingnya Jaminan Perlindungan Kesehatan Bagi Keluarga

Sekarang ini banyak sekali penyakit berbahaya bermunculan. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang kurang sehat, pola hidup yang tidak teratur dan maraknya makanan siap saji semakin menjamur di Indonesia. Produksi makanan semakin menghalalkan segala cara untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa menghiraukan dampak negative pada kesehatan. Padahal, kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Tak pandang bulu, penyakit bisa menyerang siapa saja, tidak hanya menyerang pada usia tua namun bisa jadi masih muda pun juga dapat terserang penyakit berbahaya.

‘Hidup susah, mati pun tak mau’. Barang kali itu lah pepatah yang paling tepat ketika kita sedang menderita penyakit berbahaya. Seperti Nenek saya, di usianya yang ke 66 tahun ini sudah lama mengidap penyakit diabetes. Sudah sering pula menjalani rawat inap di rumah sakit. Penyakit diabetes telah menyiksa bathinnya. Saya tak tega melihatnya. 

Thursday, September 12, 2013

Waspada, Bahaya Insomnia


Sumber gambar: Merdeka.com

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki kelainan sulit untuk tidur secara berulang-ulang walaupun mempunyai kesempatan untuk tidur itu ada. Bisa jadi pemicu kesulitan tidur ini dikarenakan adanya beban psikologi /pikiran yang terus-menerus mengganggu, sehingga adanya ketegangan otak di kepala.

Sulit tidur sering terjadi baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Terkadang  justru seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Friday, September 6, 2013

Sensasi #10daysforASEAN

Pagi teman-teman....uuggghhh... molet dulu deh, baru bangun tidur. Joget cesar dulu yuk..."Asek-asyek jjjoooozzzzzz!". Seneng banget hari ini otakku lebih enjoy dari kemaren-kemaren. Baru semalem bisa ngrasain tidur nyenyak. Emang lagi ngapain? Heheehe... 

Leganya sekarang bisa ngeblog nyablak, setelah 10 hari non stop ngikuti lomba nulis serius dan formal banget temanya.

Awal ngikut ini gak sengaja iseng-iseng buka facebook baca status temen-temen lewatlah statusnya mak #IndahJuli ada pengumuman lomba dan hari itu juga adalah hari terakhir pendaftaran. Cuutttzz...tanpa kelamaan mikir, gak baca itu lomba nulis apa, pokoknya langsung daftar deh, perkara itu temanya susah atau apa pikir belakangan lah yang penting daftarnya gak telat kayak pas lomba #30hariNonStopNgeblog nyesel banget telat ikutan.

Nyulik gambar dari  devianstart.com