Saturday, February 14, 2009

Dapur Keuangan


Ngomongin masalah duit, rasanya sensitif bangat neh....apalagi di dalam rumah tangga. Sepele, tapi sangat fatal. Bisa-bisa hanya gara-gara uang, rumah tangga jadi kacau dan ujung-ujungnya perceraian. Duh, enggak banget dech....!!!

Hal ini sebaiknya di bicarakan berdua dengan kepala dingin. Terlebih lagi jika pasangan suami-istri ini sama-sama bekerja atau sama-sama mempunyai penghasilan. Biasanya dari pihak lelaki (suami) lebih sering mengabaikan masalah keuangan dan menyepelekan pengaturan keuangan dalam rumah tangga.

Pengalaman sih, rumah tangga kita dulu pernah cuman mempunyai satu rekening tabungan saja. Tentu saja semua pemasukan (Suami dan Istri) kita jadikan satu. Alhasil, si istri menjadi tidak nyaman. Pengen beli sepatu, baju, tas, nyalon dll.....pastinya harus minta dulu ke suami (karena rekening Bank-nya jadi satu). Nah loh.... "kok aneh yah...padahal kan saya juga punya penghasilan?kenapa rasanya saya kek gak punya uang aja yah.....dikit-dikit minta....kan jadi sungkan neh...." (pikir si istri). Tapi sebenarnya kalaupun minta juga pasti di kasih kok ama Suami, Cuman terkadang kita (Istri) butuh privacy aja, yang Suami gak mesti perlu tau tuh. So cewek kan paling doyan shopping gitu loh....!!!!haiiyaaahhh....
Huuwwwaaaaaaaaaa.......jangan sampe deh pengalaman di atas terjadi dalam dapur keuangan rumah tangga anda. Kalaupun sekarang begitu, alangkah baiknya jika pendapatan masing-masing dipisah aja. Buat rekening masing-masing. Biasanya pendapatan si Istri merupakan uang pribadi, sedangkan pendapatan Suami adalah milik keluarga bersama. Biasanya pendapatan suami di perlukan untuk misalnya kebutuhan belanja harian, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan dan nafkah buat Istri. Sedangkan pendapaan Istri hanya diperlukan untuk keperluan yang sifatnya hanya kepepet saja, kalau pas duitnya Suami habis aja baru oke tuh belanja pakek pendapatan Istri. Bukankah begitu??? Loh, salah yah....huuueehehehheee.....Bukannya si Istri pelit neh, maklum-lah kebutuhan si Istri memang mahal! Kebutuhan arisan-lah, belanja, perawatan, perhiasan, belum lagi peralatan kosmetik yang sebegitu banyak jenisnya, mahal pula......ckckckck......

Masalah keuangan memang terkadang bikin pikiran jadi tidak sehat. Diempet-empet untuk tidak belanja, ehhh......... ternyata meledak juga..malah lebih gila belanjanya.....hahahhaaa....... Diumbar-umbar, eehhh....bikin kanker (Kantong Kering) aja neh............

Gimana neh dengan penalaman anda?

*mAu KaSik ToPik YaNg SeriUs kOk maLah GuYonAn siEh...........* hehehhee.


Post a Comment