Friday, September 20, 2013

Buah Pepaya Penyelamatku

Buah papaya merupakan buah yang kaya akan manfaatnya. Namun, kebanyakan rata-rata pada anak-anak tak begitu suka memakan buah papaya. Kalau pun di suruh memilih buah papaya atau yang lainnya;  pasti lebih memilih buah jeruk, apel, semangka, atau pun mangga. Hheemm…kenapa ya? Apa karena rasanya ya? Padahal kan rasa pepaya itu kan manis. Yah, meskipun susah-susah gampang nyari buah pepaya yang manis. Kebanyakan sih suka nemu pepaya yang kurang manis dan cenderung ‘anyep’ hampir tak berasa. 

Mau tau ciri-ciri buah pepaya yang manis?
Hampir setiap hari saya membeli buah pepaya di pasar. Pilih pepaya yang manis itu jika dilihat dari kulitnya masih segar/tidak kirut dan tak tampak ada warna hitam-hitamnya. Kalau mau pilih yang tebal dagingnya jangan memilih bentuk pepaya yang cembung, justru pilih yang besarnya rata (ramping). Dilihat dari warna kulitnya pilih warna yang cerah (hijau gradiasi keorangean).
Buah pepaya ini tebal dan rasanya manis sekali.

Manfaat buah papaya salah satunya baik untuk kecantikan wajah. Saya pernah mempunyai pengalaman menarik seputar pepaya. Begini ceritanya, dulu sebelum saya menikah, beberapa teman saya menawarkan jenis kosmetik asal luar negri yang konon waktu itu merupakan kosmetik yang terbaik nomer dua di dunia. Saya cek melalui browsing, memang betul, itu produk kosmetik yang bagus dan bersertifikat. Produknya pun tidak di jual di pasaran. Hanya ada di center tertentu aja. Mahal? itu sudah pasti! Dan saya tergoda untuk membelinya. Tak tanggung-tanggung saya membeli produk itu lengkap sepaket.

Saya mencoba memakai produk kosmetik itu sesuai dengan petunjuk dan juga dalam pengawasan pakar kecantikan. Seminggu setelah memakainya, ternyata saya merasa tidak cocok. Seketika wajahku berubah menjadi bengkak dan memerah seperti udang rebus. Saya sampai malu dan tak berani keluar sampai menutup muka dengan memakai masker. Padahal waktu itu kurang seminggu lagi saya menikah. Gimana saya mau menikah kalau wajahku begitu? Apa kata dunia?

Segera lah saya memeriksakan ke dokter kecantikan. Dr. Linda pun tak memberikan obat apa-apa lagi takut wajah saya tambah memengkak. Kemudian, Dr. Linda mengajurkan saya untuk mengkonsumsi buah pepaya. Ya, dalam sehari saya harus menghabiskan 8 piring buah pepaya! Yaelah, padahal saya tak begitu suka buah papaya, tapi demi kesembuhan wajah, saya harus rela ‘rakus’ makan buah tersebut.

Terbukti setelah memakan buah papaya itu reaksinya sangat cepat. Berulang kali saya BAB (Buang Air Besar) kurang lebih sebanyak 7x dalam sehari. Rupanya itulah cara mendetox tubuh dari racun yang ada dalam tubuh. Hasilnya benar-benar prefect. Wajah saya kembali mulus dalam waktu 7 hari saja. Saya pun percaya diri melangsungkan pernikahan. uuggghh...lega banget, buah pepaya benar-benar penyelamatku!

Kini setelah mengetahui manfaat papaya yang begitu penting pada kecantikan, saya jadi suka dan wajib membiasakan makan buah papaya (minimal sepiring) setiap hari. Tradisi makan buah pepaya dalam keluargaku biasanya di makan sebelum berolahraga untuk menambah energi dan menahan rasa lapar setelah berolahraga. Cara ini bagus banget buat yang lagi diet.

Jika Anda tidak suka dengan rasa buah papaya, bisa dimakan dengan cara ditaburi gula atau bisa juga dicampurkan dengan buah yang lainnya. Misalnya pepaya bisa di selipkan dalam rujak buah, es buah, atau siapkan potongan buah papaya kemudian dicampur dengan perasan jeruk nipis atau lemon. Buah papaya yang terkenal mengandung vitamin A ini ternyata juga bisa mengatasi kekeringan pada wajah dan juga bikin awet muda loh. Serius!!! Tidak cuman buahnya saja, hampir semua yang terkandung dalam tanaman pepaya mempunyai fungsi baik terhadap kesehatan. Mulai dari buah, daun (berguna untuk obat tradisional, mengobati anemia, makanan sehat) sampai pada getahnya yang bisa menyembuhkan luka pada telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Bukannya sok tau loh ya, tapi memang sudah pengalaman! Anakku (Vica 6tahun) yang wajah dan bibirnya kering, kaki suami yang pecah-pecah, semuanya sembuh karena rajin makan pepaya. hehehe...

Setelah mempelajari lebih jauh tentang pepaya, menurut Dr. Linda ternyata gizi yang terkandung dalam setiap bagian tanaman pepaya adalah:
-Serat [mg] 0,70
-Fosfor [mg] 11,00
-Zat Besi [mg] 1,00
-Vitamin C [mg] 74,00
-Vitamin B1 [mg] 0,03
-Vitamin B2 [mg] 0,04
-Karbohidrat [g] 12,10
-Kalsium [mg] 34,00
-Lemak [g] 0,30
-Protein [g] 0,50

Nah, penting banget kan buah pepaya itu? Gak perlu mahal-mahal membeli obat perawatan wajah. Cukup dengan memakan buah pepaya! Makanya, biasakan mengkonsumsi buah pepaya ya...hehehe...

Post a Comment