Friday, September 27, 2013

Rahasia Awet Muda

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”.  Itulah pepatah yang selalu harus kita ingat agar kita terbiasa dengan hidup sehat. Rutinitas yang terlalu sibuk membuat kita terlena akan pentingnya kesehatan. Hidup sehat sudah pasti menjadikan kita selalu awet muda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang akan membuat kita tetap awet muda:
Mengatur waktu agar pola hidup sehat terpenuhi.

Minum Air putih
Perbanyaklah minum air putih. Hal pertama kali ketika bangun pagi adalah minum segelas air putih. Kebiasaan ini jika dilakukan dengan rutin di pagi hari maka badan akan terasa ringan karena air putih dapat mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih mempunyai banyak mamfaatnya dibandingkan dengan minuman yang mengandung gula. Seperti kopi, teh, soda, sirup. Bukan hanya di pagi hari saja, memang dalam keseharian kita diharuskan untuk minum air putih minimal 8 liter/hari atau lebih sesuai dengan kebutuhan aktivitas anda.

Bangun dan mandi pagi
Biasakan untuk bangun pagi hari diantara jam 4-5 pagi. Rasakan kesejukan di pagi hari dengan melakukan olahraga ringan, misalkan senam atau lari ditempat. Gerakkan badan Anda dan tarik nafas panjang, tahan hingga 10 detik, lalu buang perlahan lewat mulut sambil menikmati kesejukan embun pagi dan pemandangan tanaman hujau yang masih segar. Rasakan kepolosan kicauan burung yang bernyanyi tanpa beban. Anda bisa mencoba dengan mendoktrin diri anda sendiri bahwa sepanjang hari ini akan menjalani aktivitas yang menyenangkan.

Setelah itu, jangan malas untuk mandi pagi, yah sekalipun hari libur atau tak ada acara keluar rumah di pagi hari. Mandi pagi akan membuat kita merasa segar dan tentu saja bisa mengencangkan serta mencerahkan wajah, juga menjadikan aura Anda semakin bersinar. Mandi dan sekalian keramas di pagi hari membuat peredaran darah jadi lancar, juga membantu meringankan beban pikiran. Terlebih lagi jika Anda seorang muslim, sebaiknya sebelum sholat subuh hendaklah mandi terlebih dahulu.


Pola Makan Teratur

Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, bekali tubuh anda dengan sarapan di pagi hari, seperti sepotong roti dengan segelas susu, buah-buahan atau makan nasi dengan porsi yang secukupnya. Sarapan pagi merupakan hal yang penting untuk mengisi energy kita sebelum memulai aktivitas. Tentukan juga waktu makan siang dan malam, jangan sampai tidak teratur agar badan kita tetap sehat dan biasakan makan makanan yang sehat seperti 4 sehat 5 sempurna. Hindari makanan siap saji / junk food. Lebih baik membuat makanan sendiri walau sederhana tapi tetap sehat dan higeinis. 

Jika Anda suka makanan gorengan, gunakan minyak goreng yang berkualitas tinggi. Seperti minyak goreng Sanco, minyak goreng sehat yang kaya akan omega3 sekaligus bebas kolesterol. Terjamin baik juga untuk anak-anak meskipun seberapa banyak makan gorengan bikinan sendiri. Salah satu gorengan favorit keluarga adalah bakwan jagung. Inilah resepnya:
Bahan:
-Jagung Manis (5 biji)
-Tepung terigu (1/4kg)
-Telor ayam (4biji)
-Daun bawang / bawang prey
-Bawang putih (3 biji)
-Bawang bombay (1 biji)
-Garam
-Gula putih
-Merica
-cabe rawit (sesuai selera, bisa dipakai atau tidak)

Cara membuat:
-haluskan jagung manis dan bumbu semua (bisa di uleg/blender), kecuali bawang bombay dan daun bawang yang harus diiris kecil-kecil. Campurkan semua bahan dan bumbu yang sudah dihaluskan dengan tepung dan telur, aduk hingga merata. Kemudian di goreng dengan menggunakan api sedang.


Bakwan Jagung

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur
Pada dasarnya buah apapun baik bagi tubuh kita selama mengkonsumsinya dengan porsi yang wajar. Namun, alangkah lebih baik jikalau mengkonsumsi buah yang berserat dan berair. Mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin E, vitamin D dan vitamin C serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Seperti buah pepaya, pear, jeruk, strowberry, kiwi, mangga, tomat dan perbanyaklah makanan aneka sayuran berwarna seperti bayam, brokoli, wortel, jagung. Terlebih lagi, disarankan agar kita setiap harinya selalu minum jus campuran buah, sayuran dan sejenis tanaman herbal. Berikut adalah resep jus sehat yang sering saya minum sebelum makan nasi
Jus di pagi hari:
- Apel, jahe, madu, wortel (takaran sesuai selera)
Jus di siang hari:
- Lemon/kiwi, sledri/brokoli,timun/manggis, daun mint, madu/sawo (takaran sesuai selera)
Jus malam hari:
- Ubi ungu, paplika merah, jeruk/strowberry/tomat. (takaran sesuai selera)

Rutin berolahraga.
Luangkan waktu Anda untuk berolahraga. Kurang lebih 60 menit deh. Kalau terlalu sibuk bisa hanya 30 menit bahkan olahraga cuman 10 menit aja sangat berguna, asalkan dilakukan rutin setiap hari. Semua jenis olahraga baik bagi tubuh. Tidak perlu olahraga yang mahal atau yang berat. Dengan berolahraga rutin akan memperlancar peredaran darah pada tubuh. Justru, orang yang kurang atau tidak pernah olahraga akan merasakan lelah.

Biasakan sebelum olahraga makan dulu untuk mengisi energi. Yah, sedikit makan roti/ gandum, atau buah gitu deh. Ini akan mengurangi rasa lapar yang berlebihan setelah berolahraga. Jangan sampai setelah olahraga tenaga jadi terkuras abis dan Justru akan memancing nabsu makan akan bertambah banyak lagi. 

Jangan tidur terlalu malam.
Tidur terlalu malam menyebabkan wajah tampak kusut dan pucat. Terkadang menimbulkan migraine, kepala jadi berat, letih, lesu, anemia bisa jadi berdampak buruk pada kesehatan dan memancing datangnya beberapa penyakit berbahaya. Pokoknya usahakan menetapkan jam tidur malam dengan teratur dan usahakan sebelum jam 11 malam. Sekali-kali bergadang sih gak apa, asal jangan keseringan.

Hindari Stress
Sudahkah hari ini Anda tertawa? Kalau belum, cobalah mencari bahan lelucon agar Anda bisa tertawa. Ada banyak cara agar Anda terhindar dari stress. Paling tidak, biasakan setiap hari untuk tersenyum, selalu melakukan hal yang menyenangkan, jauhkan dari rasa iri-dengki, prasangka buruk dan beristirahatlah dengan cukup. Kalau perlu, setiap weekend usahakan agar berkumpul dengan keluarga tercinta, bertamasya bersama, dan jangan biasakan membicarakan pekerjaan disaat sedang bersantai ria dengan keluarga. Ibaratnya "batrai saja bisa melemah jika terlalu lama dipakai", begitu juga dengan pikiran, sangat perlu untuk istirahat.

Kebiasaan Sex teratur.
Heeiiyy…, ini khusus yang sudah menikah loh ya….yang belum menikah jangan coba-coba loh. Halalin dulu ya….hehe….Tak dipungkiri, Sex merupakan factor penunjang penentu rahasia awet muda. Usahakan melakukan hubungan suami istri dengan teratur. Minimal 2x seminggu lah. Ini berguna untuk mengencangkan wajah, memperlancar peredaran darah, memperkuat kekebalan tubuh, otot, mampu menurunkan risiko serangan jantung dan juga menghilangkan stress, selama hubungan sehat tersebut bisa dilakukan dengan rileks.

Begitulah kebiasaan sehari-hari yang pastinya jika dilakukan secara teratur akan membuat Anda terasa jauh lebih muda dari usia sebenarnya. Tidak sulit bukan? Menyenangkan sekali kalau setiap hari pola hidup kita bisa sehat seperti itu. 

Semoga bermanfaat ya…

Post a Comment