Friday, August 16, 2013

Berkah Halal Bihalal

Lebaran memang tak lepas dari mudik, apalagi liburan lebaran barengan dengan liburan sekolah jadi tak ada alasan untuk tidak mudik. Mudik sendiri fungsi utamanya adalah untuk menyambung tali silahturahmi kepada sesama.

Suasana lebaran masih terasa. Tamu pun masih silih berganti saling berkunjung untuk saling bersilaturahmi. Adapun istilah halal bihalal sebenarnya sama artinya dengan silaturahmi, namun menurut saya,
halal bihalal lebih cocok diartikan silaturahmi pada momen lebaran.

Rasanya senang sekali dapat berkumpul dengan orang tua, keluarga besar, mertua, kakek mertua, eyang buyut dari mertua, sesepuh dari sodara jauh, teman-teman, pokoknya lebaran kali lebih terasa maknanya daripada tahun kemarin. Jika tahun kemarin saya cuman bertemu dengan mama saja, sekarang ini rasanya plong bisa lebih banyak lagi bersilaturahminya.

Dalam ajaran Islam, silaturahmi itu penting untuk memperbanyak rejeki dan memperpanjang umur. Emmm...., ternyata memang benar. Ada aja rejeki ketika kita bersilaturahmi. Ketika berkunjung, menyambung silaturahmi kita bisa saling bertukar pikiran, ngobrol sana-sini tentang wirausaha, bertukar ide, bisa curhat dengan keluarga melonggarkan pikiran yang tadinya pikiran buntu sekarang bisa mendapatkan solusinya, menyehatkan jiwa dan pikiran, ada juga yang ngasih jajan, ada juga teman yang baru saja merintis usaha rumahan, kita saling berbagi pengalaman dan begitu juga sebaliknya. Barang kali disitulah letak memperpanjang umur dan banyak rejeki yang dimaksud. 

Foto koleksi pribadi.
Vica dapet angpau nih dari hasil silaturahmi hehe.....

Begitu juga dalam dunia maya, penting juga nih silaturahmi di dunia maya. Walau tidak pernah bertemu, tentunya kita juga tak pernah luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tak disengaja dalam bertutur kata menuliskan artikel maupun hanya sekedar menulis komentar dalam blog atau sosial yang lainnya seperti facebook, twitter, dan sebagainya. Saya belum sempat BW (Blog Walking) ke blog teman-teman semua. Untuk itu, saya selaku yang punya blog ini mengucapkan "Minal Aidzin Wal Faidzin" kepada sobat blogger, atau yang lainnya, yang belum sempat saya kunjungi juga, dalam tulisan ini saya mohon muaaaaff jikalau ada kata-kata saya yang menyinggung atau menyakitkan. Setiap insan manusia tentu saja tak luput dari kesalahan karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanyalah milik ALLAH SWT.....

Semoga kita semua bisa bertemu lagi dengan lebaran yang akan datang dan seterusnya.
Post a Comment