Thursday, September 12, 2013

Waspada, Bahaya Insomnia


Sumber gambar: Merdeka.com

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki kelainan sulit untuk tidur secara berulang-ulang walaupun mempunyai kesempatan untuk tidur itu ada. Bisa jadi pemicu kesulitan tidur ini dikarenakan adanya beban psikologi /pikiran yang terus-menerus mengganggu, sehingga adanya ketegangan otak di kepala.

Sulit tidur sering terjadi baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Terkadang  justru seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Penderita Insomnia dalam kesehariannya biasanya merasa sulit untuk berkonsentrasi sepanjang hari, menjadi pelupa, dan sering terserang migraine yang disebabkan kekurangan tidur. Tentunya hal ini sangatlah mengganggu aktifitas sehari-hari. Perlu diwaspadai, insomnia diketahui bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, nafas tersengal-sengal, detak jantung tidak stabil dan pecahnya pembulu darah. Bahkan menurut studi terbaru pria yang menderita insomnia beresiko dua kali lipat terkena kanker prosat (mensHealt).

Jikalau insomnia kambuh, hendaklah cari tau bagaimana cara agar bisa cepat tidur. Cara-cara ini tentunya setiap orang akan berbeda-beda. Ada yang mendengarkan musik slow baru bisa memudahkan untuk tertidur lelap. Bisa juga dengan membaca buku bacaan, minum-minuman hangat missal teh/susu/coklat/jahe hangat akan membantu untuk membuat anda mengantuk. Ciptakan kamar tempat tidur yang nyaman dan bersih, Sangat disarankan untuk menjauhkan smartphone dan segera matikan TV anda, karena radiasi yang ada di Smartphone atau layar TV akan memengaruhi kelenjar pineal, yang menghambat siklus tidur, untuk memerintahkan otak mengurangi produksi melatonin, si hormon tidur.

Seseorang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur. Saya termasuk sering mengalami insomnia. Hal ini sering terjadi akibat dari kebiasaan bekerja pada malam hari dan sering berubah-ubah jam kerja. Selain itu, kesulitan tidur bisa jadi dikarenakan pada penggunaan alkohol yang berlebihan, efek samping obat (kadang-kadang), kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

Baiknya penderita insomnia haruslah  teratur berolah-raga, merilekkan pikiran, perbanyak konsumsi buah segar (jus kulit manggis, jus apokat, jus buah naga, jus tomat), merubah pola makan secara teratur dan pola hidup atau jam tidur yang teratur. Misalkan menetapkan secara teratur jam tidur malam dibawah jam 11 malam. Jika penyebab insomnia ini dikarenakan depresi atau kecapekan cobalah dengan melakukan pijat refleksi. Dengan cara begitu, insomnia tak akan berani mendekati anda lagi.

Post a Comment