Monday, July 29, 2013

Bakso Bakar Ikan dan Brokoli

Makanan sehat sekarang ini memang sangatlah langka. Saya memilih untuk memasak sendiri untuk menu berbuka puasa maupun untuk saur. Disamping terjamin kebersihannya juga lebih berselera menentukan rasa yang kita mau.
 Bakso ikan campur brokoli yang telah bakar 

Disaat bulan Ramadhan, biasanya saya lebih suka makanan yang berkuah segar dan gurih. Hal itu memang sangat baik untuk mengganti 'energi' tubuh yang telah hilang. Seperti sayur soup, sayur asem, bakso, lodeh dan lainnya. Di temani dengan lauk ikan goreng atau ayam goreng. Nah, karena sekarang ini harga ayam dan daging melonjak semakin mahal, saya terus terang untuk sementara ini tidak berani untuk berbelanja bahan tersebut. Karena di situasi mahalnya harga tersebut biasanya kualitasnya menjadi kurang baik. Maka dari itu makanan alternatif favorit saya di saat bulan puasa ini beralih menjadi "Bakso Bakar Brokoli Ikan" berduet dengan kuah kaldu ikannya yang segar dan gurih. wuuuiihhh......makin berselera rasanya untuk makanan berbuka puasa maupun saur.

Kenapa saya memilih sayur brokoli? Karena  brokoli sayur yang sangat bagus, salah satunya mengandung anti oksidan. Nah, anak-anak biasanya kalau disuruh makan sayur brokoli susah banget, karena brokoli itu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, tidak disukai anak-anak. Namun, jika dipadukan dengan ikan, bisa juga menghilangkan aroma amis ikan-nya. Jadi kolabrasi yang sangat tepat menurut saya. Kalau tidak di campur dengan yang lainnya, pasti anak-anak tidak mau makan. Maka dari itu saya mengakalinya agar di campur dengan ikan untuk dijadikan bakso. 

Bakso Bakar Ikan ini cocok juga untuk sekedar menu sampingan atau pembuka, dan (sekedar saran) selama berpuasa perbanyaklah makan buah-buahan, agar badan tetap sehat selama berpuasa. Adapun caranya buat "Bakso Bakar Ikan Brokoli sangatlah simpel, tidak membutuhkan waktu yang lama. Ikan di bersihkan lalu di blender bersama brokoli, dilumuri bumbu, tepung, telur, kemudian di cetak menjadi pentol. Kuahnya dari kaldu ikan. Bisa juga brokoli di blender jadi satu dengan ikan, lalu di buat jadi naget. Selain sehat, makanan yang saya buat ini bersih dari bahan pengawet. Jadi makanan apapun kalau itu sehat akan menjadi menu special selama bulan Ramadhan ini. Yach, walaupun lebaran selalu identik dengan menu opor ayam dan ketupat, tapi bukan berarti tidak ada ayam atau daging juga bisa di ganti menu makanan yang lainnya. Sah-sah aja kok, tetap tidak mengurangi kemeriahan di hari Lebaran. seperti kata pepatah, tak ada rotan, akarpun jadi.  Tidak ada daging/ayam, makanan apapun jadi. hehe...

cara memasak 'Bakso Bakar Ikan dan Brokoli' :
Bahan:
1 ikan segar (dikerik/dihaluskan)
1/4 tepung terigu
1/4 tepung pati
2 siung bawang putih
2 helai daun bawang
Brokoli segar (diblender)

Cara:
Kuah bakso: keprak bawang putih lalu cincang bersama daun bawang, tumis daun bawang nya dulu, kemudian bawang putih, hingga harum, beri merica dan garam.
  
Bakso ikan:
campurkan semua bahan ikan dan brokoli, tepung, merica, bawang putih yang telah dihaluskan, remas-remas, cetak seperti bakso dengan sendok, lalu masukkan bahan yang sudah menjadi bakso ke dalam panci kuah yang masih panas. Kemudian kalau bakso ngin di bakar, sisihkan bakso yang sudah jadi, lumuri dengan kecap, lalu di bakar.

Bakso yang sudah dibakar, upss....kuahnya dah keburu abis duluan belum di foto hehe...

Brokoli segar

Ikan segar dikerik/dihaluskan.

Hasil ikan yang sudah lembut

Brokoli yang sudah diblender

Silahkan mencoba ya......jamin sehat deh :D
Post a Comment