.

Friday, April 24, 2009

Merintis Usaha Kecil

Mengawali membangun usaha yang besar tentunya berawal dengan usaha kecil-kecilan. Tidak cukup dengan modal saja, kita harus mengawali banyak belajar pada seorang pembisnis yang handal, yang telah banyak pengalaman dimana mereka telah mengalami jatuh bangun menjalani usahanya,
tanpa lelah........,
tanpa menyerah.........,
Mencoba..........,
dan terus berusaha bangkit untuk menjadi seorang yang sukses.

Robert Kiyosaki adalah salah satu tokoh dalam buku yang saya baca berjudul "Cashflow Quadrant" Seperti dalam bukunya banyak menceritakan berbagai pengalaman kegagalan dalam menjalankan usaha.

Ternayata memang benar, setelah saya terjun membuka usaha kecil-kecilan sendiri, tidak satupun seseorang memulai bisnisnya akan langsung berhasil sukses. Mereka pasti pernah mengalami kegagalan. Sayapun pernah mengalami kegagalan itu. Di awal usaha yang saya bangun pernah mengalami kegagalan. Beruntunglah saya tidak punya rasa menyerah. Malah bikin saya penasaran....

Sempat juga terfikirkan "Apakah saya tidak cocok dengan bidang ini?" "Apakah rezeqi saya bukan disini?"
"kenapa usaha saya gagal?”
bla...bla...bla.....
Sampai pada akhirnya kegagalan memberiku petunjuk untuk merubah sistem yang saya terapkan sebelumnya.

Membagun usaha sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan kita walaupun usaha tersebut masih tergolong kecil, ternyata untuk sukses di bidang usaha dibutuhkan 5 hal pekerjaan pokok. Biasanya jika kelima hal ini gagal dijalankan, maka usaha yang kita bangun pun akan berakibat fatal. Ke lima hal itu antara lain
1* Harus mengerti usaha yang kita jalani dan memiliki produk yang bagus.
2* Harus menguasai hukum,
3* Memiliki system penunjang,
4* Memiliki komunikasi atau marketing yang bagus,
5* Memiliki arus kas yang sehat.

Orang-orang yang sukses harus mempunyai kehidupan yang seimbang. Bukan hanya financial aja. Kita akan belajar, bahwa kelima hal diatas akan saling melengkapi satu sama lain.
Memiliki keluarga yang harmonis secara spiritual, mental sosial, financial, family merupakan satu paket yang tak dapat terpisahkan.

Contoh saja seorang teman yang telah lama membuka usaha sebagai produksi sepatu sandal. Prodaknya bagus, sistemnya ada, komunikasi dan marketingnya kuat sampai produknya lumayan terkenal di pasaran, tapi secara hukum dia lemah, sehingga produknya mudah dibajak atau ditiru orang lain. Akhirnya mengakibatkan arus kasnya jelek dan bisnisnya gagal hancur atau bangkrut.

Ada juga seseorang dengan bisnis biro trevel, secara produk bagus, hukum sudah kuat, sistem penunjang oke, komunikasi dan marketing juga menujang sekali karena cukup ramai, namun di sayangkan ternayata ada kebocoran di sistem akuntansi sehingga terjadi plus minus dan akhirnya usaha yang dirintisnya pun hancur.

Tidak semua orang bisa melakukan ke lima pekerjaan hal diatas tadi. Selalu ada kelemahan dan kelebihan dibidangnya. Seseorang yang ahli di bidang akuntansi belum tentu dia ahli dibidang pemasaran, begitupun sebaliknya. Semuanya adalah proses pembelajaran. Seseorang yang mempunyai usaha sendiri hampir pernah gagal. Oleh karenanya janganlah kaget jika awal usaha yang anda bangun ternyata mengalami kegagalan karena kesuksesan memang berasal dari kegagalan. Dengan kegagalan tersebut merupakan guru dari pangkal keberhasilan.

Semoga postingan ini akan berguna untuk anda yang sedang ingin membuka usaha sendiri. Yang terpenting semangat, jangan menyerah, dan jangan takut gagal. Awali misi dan tekad anda, bangunlah dari mimpi, wujudkanlah.……*catet tuh* hehehhehe….


24 comments:

Lala said...

Pingin juga punya usaha kecil kecilan, tapi ga punya modal dan lima hal diatas hu...hu...hu... *nangis.com*

Makasih infonya, ga boleh menyerah nich, cari modal dulu dari internet hehehe...

Penny said...

intinya harus menerapkan metode POAC ya jeng...
Planning Organizing Actuating dan Controlling...
klo ngga salah gitu deh....

selamat berbisnis ria ya..moga2 sukses. nanti klo aku ke Malang dan mampir ke boutique nya kasih discount besar ya... syukur2 gratis hehehehe

Unknown said...

wah, mesti ngerti hukum ya?

Endriyani said...

Memang mau menuju kesuksesan tuh gak gampang penuh perjuangan dan pembelajaran...Jatuh bangun seperti roda berputar terus dibawah lalu keatas dan kebawah lagi...
Walau mis dgn adanya modal tapi kita gak bisa mengelolanya blom ada pengalaman dan pembelajaran jadinya malah cepet jatohnya...
Karena itu memang jgn menyerah, jadi kegagalan tuh suatu pembelajaran yang sangat berarti buat menuju sukses!!!!

Sukses ya Bun!!! nambah terus usahanya ya!!!

Mampir NGombe said...

Kalo sekarang dah sukses kan mbak....hehehhe jadi pengin jadi pengusaha...

Devga Online said...

@lala: ayo...yo......aku dukung hehehhe

@penny: tul bgt neh hrs ada metode POAC istilah kerennya hehehhee...btw di tunggu kedatangannya di MALANG hihihiii

@Sang Cerpenis bercerita : minimal punya SIUP lah biar aman....

@Endriyani : semangat yuk...hehhehehe

@Mampir Ngombe : alhamdulilah....bisa buat sesuap nasi neh hihihiii...

Erik27491 said...

Iya mbak saya juga pernah gagal, sampai hampir habis modal saya. Gara gara saya keliru mengambil keputusan

Btw, komentnya tadi malam kayaknya memang lagi gangguan. Tadi malem saya mau posting juga gak bisa. Mau koment di blog lainjuga gak bisa. Pagi ini baru berhasil

none said...

hmm..bener juga
makasih buat infonya mbak
bukunya robert t.kiyosaki emang top abis!!

diNa said...

wah, jadi minder nih.. ibu yg satu ini sdh 3 langkah ke depan (ga hanya satu langkah). saya yg msh kerja ikut org rasanya msh ga ada apa2nya. sukses terus ya ros.. :)

Keke Naima said...

pengen bgt punya usaha sendiri walopun kecil2an, mudah2an sy bisa ya...

masichang said...

firts step is the hardest step. sepertinya pepatah itu sangat berlaku bagi perintis usaha mbak seperti saya.. ampuun susahnya.

Puspita said...

Salam kenal mbak,

Senang ya mbak punya usaha sendiri, saya dulu juga punya usaha di bidang boga, waktu masih GTT (Guru Tidak Tatap) tapi sejak jadi PNS terpaksa saya tinggalkan, masalahnya saya sulit percaya sama orang lain, kadang menyesal juga menghentikannya, tapi sekarang usahaku pindah merawat tanaman bukan untuk di jual tapi buat di bagi-bagikan, buat warisan ma tetangga dan teman-teman sekaligus buat hiburan.

Milla Widia N said...

Kegagalan membawa kita nyaris merendahkan diri; padahal merupakan bahan utama untuk mencapai kesuksesan.

sukses dengan usaha barunya ya :D

zee said...

Ya orang sih maunya begitu usaha gak sampe gagal. Klo pun gagal, gak mau gagal yg parah. Emg gak gampang sih usaha, musti butuh tekad luar biasa utk bisa berhasil.

Anonymous said...

@erik: semangat lg yukkk....hehehhe

@Henny Y Caprestya: punya juga yah bukunya..

@Meidy: halah...minder opo toh mbak...apa gak kulawek neh....:D

@Ke2nai: ayo...wujudkan mimpimu hihihiihi...

@mas icang: benar...tp kita gak boleh nyerah...

@Puspita Wulandari: klo gitu joinan yuk ama aq...

@Milla Widia N: thx yah semangatnya...

@Zee: emang benar, kelihatannya buka usaha sendiri itu sepele, sering di anggap enteng/remeh orang2(walopun usahanya cuman kecil) tapi gak tau klo semua itu butuh tekad dan Triks, gak semua orng bisa membuka usaha sendiri...tul gak?....

SMART PHISIC'S said...

ekonomi ya??? ra mudeng aku. aku mudenge karo F=m.a

nA said...

jangan takut gagal!!! keliatannya gampang mbak, tapi huwaaaaaaw huwaaaaaaaaaaaaaaaa.... hiks hiksssss.... :)

salam kenal

Wiwin said...

salam kenal :-)
pertama kali mampir nih..

Wiwin said...

Thx for nice sharing ya :-) .
Saya bukan pengusaha tapi punya kegiatan yg menghasilkan uang :-) . Dalam menuju sukses (halah istilahnya..hehe..) saya juga mengalami jatuh bangun. Namun ternyata hikmah dibalik jatuh bangun tsb bahwa saya mendapat banyak pelajaran yg bisa saya terapkan kemudian, utk membenahi hal2 yg membuat saya terjatuh di masa2 kemarin. Dan dalam keterjatuhan saya, saya tidak pernah menyerah, saya tetap konsisten untuk maju terus apapun rintangannya. Ibaratnya selagi berjalan, ada kerikil ya dibuang :-). Bersyukur saya bisa merasakan hasil perjuangan saya tersebut, selain penghasilan bertambah terus, juga rasanya mendapat pelajaran berharga untuk pendewasaan diri.

budhe said...

Alhamdulillah... hmmm.. ikut bangga dech dengan Mom Rosa..beneran merupakan inspiring woman..smoga makin sukses berkah barokah usahanya yach..
seneng bisa blajar disini.. maaf barusan bangun dari sekian lama bad mood nich..

indo said...

Wah tipnya bisa dipakai tuh Non buat key to succes :)

Investasi said...

Ayo jadi diri dan bangsa yang mandiri ...

@ BJ Koch

pangi richer said...

pemahaman bisnis riil perlu diketahui dengan cara mudah dan perlu strategi permulaan pengelolaannya, buka wawasan dan belajar selalu seperti http://kayadaribisnisreal.blogspot.com/

Anonymous said...

Cash Management Solutions
Insurance Service Center
Personal Wealth Management
Business and Marketing
Toronto Real Estate
Business and Finance
Business Insurance Services
Capital Investment Management
Business and Marketing
Benchmark Property Management
Personal Finance and Business
Your Business Insurance
Financial Investment Services
Business and Marketing
Real Estate Value
Business Financial Services
Property Insurance Corp
Individual Wealth Management
Business and Marketing
Commercial Real Estate
Delicious Nutritious Recipes