Friday, May 4, 2012

Sarang Semut

Kebetulan kemarin saya mendapat oleh-oleh Sarang Semut ini dari kawan yang ada di papua. Sarang semut??? Ini baru pertama kalinya terlintas di telinga saya. Penampakannya pun baru tau. Dari kejauhan mirip seperi karang. Namun teksturnya lembut, mudah rontok. Yaaa, setelah mencari tahu di googling tentang Sarang Semut, ternyata Sarang Semut merupakan salah satu pengobatan herbal. Bentuk, warna dan motifnya sangat beragam. Salah satu penampakannya seperti yang ada di bawah ini.

Sarang Semut



Sarang Semut ini sejenis tumbuhan hutan yang biasanya tumbuh menempel pada tumbuhan lain dimana rongga-rongga di dalamnya tempat berlalu lalangnya semut hutan yang pastinya berbeda pada jenis semut yang sering kita jumpai di rumah. Sarang Semut ini mengandung senyawa aktif anti Oksidan, flavanoit dan tanin dimana di dalamnya terdapat air liur semut yang mengandung zat antibodi untuk mengobati penyakit pada manusia. Dalam Sarang Semut terdapat kandungan seperti polifenol, tokoferol, magnesium, kalsium, besi, fosfor, natrium, dan seng. Masyarakat pedalaman Papua memanfaatkan tanaman Sarang Semut ini sebagai pengobatan.

Manfaat dan khasiat Sarang Semut ini bisa mengobati penyakit-penyakit berat seperti Kanker membunuh tuntas semua jenis sel kanker seperti kanker hidung, Kanker otak, Kanker darah (Leukemia), Kanker Rahim, Kanker Prostat, Kanker usus, Kanker kulit, Kanker payudara, Kanker paru-paru kecuali kanker nesofaring atau kanker tenggorokan dan rongga mulut. Bisa juga membunuh penyakit termasuk antivirus untuk melemahkan virus HIV/AIDS dan virus herpes. Selain itu, menurut penelitian Dr. M. Ahkam Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI juga menunjukkan bahwa flavonoid dilaporkan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain, seperti katarak, wasir, dan perionditis (radang, jaringan ikat penyangga akar gigi), diabetes, TBC, asma, rematik, asam urat, gangguan jantung, Stroke ringan amaupun berat, Tumor, menghilangkan benjolan-benjolan yang ada di payudara wanita tanpa harus oprasi, gangguan fungsi ginjal dan prostat, gangguan nyeri haid, keputihan, Liver, Maag, pegel-pegel, nyeri otot dan sakit tulang.......wwwoooowww banyak banget ya fungsinya. Kalau dilihat dari khasiatnya yang seabrek, pasti nih harganya mahal. Rasanya beruntung deh saya di kasih gratisan hehehe.....

Bagaimana Cara Konsumsinya?

Rebus Sarang Semut dalam takaran 3-4 gelas air hingga mendidih, sampai susutkan menjadi 1 gelas saja. Setelah di rebus air berubah menjadi merah, mirip seperti teh. Lalu tuangkan ke dalam gelas.

Rebus Sarang Semut dalam panci.


 Siap untuk di minum.

Rasanya enak. Bener-bener mirip seperti rasa teh tapi ada rasa masam-masamnya sedikit seperti rasa teh leci. Penyajiannya tidak perlu di kasih gula, rasanya sudah terasa manis. Ini juga bagus di konsumsi untuk anak-anak juga loh, Sarang Semut ini bisa untuk minuman sehat. Jadi bukan untuk orang sakit saja, orang sehat juga boleh minum sebagai pencegahan. Sarang Semut minuman sehat tanpa ada efek sampingnya.

Selain untuk pengobatan, Sarang Semut ini bisa untuk melancarkan dan meningkatkan ASI. Dapat juga meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita. Memulihkan stamina dan kesegaran sepanjang hari.

Semoga infonya bermanfaat ya......


Sumber: Buku "Gempur Penyakit dengan Sarang Semut" Penulis Dr. Ir. Ahkam Subroto, Hendro Saputro)
.
Post a Comment