.

Friday, May 4, 2012

Sarang Semut

Kebetulan kemarin saya mendapat oleh-oleh Sarang Semut ini dari kawan yang ada di papua. Sarang semut??? Ini baru pertama kalinya terlintas di telinga saya. Penampakannya pun baru tau. Dari kejauhan mirip seperi karang. Namun teksturnya lembut, mudah rontok. Yaaa, setelah mencari tahu di googling tentang Sarang Semut, ternyata Sarang Semut merupakan salah satu pengobatan herbal. Bentuk, warna dan motifnya sangat beragam. Salah satu penampakannya seperti yang ada di bawah ini.

Sarang Semut



Sarang Semut ini sejenis tumbuhan hutan yang biasanya tumbuh menempel pada tumbuhan lain dimana rongga-rongga di dalamnya tempat berlalu lalangnya semut hutan yang pastinya berbeda pada jenis semut yang sering kita jumpai di rumah. Sarang Semut ini mengandung senyawa aktif anti Oksidan, flavanoit dan tanin dimana di dalamnya terdapat air liur semut yang mengandung zat antibodi untuk mengobati penyakit pada manusia. Dalam Sarang Semut terdapat kandungan seperti polifenol, tokoferol, magnesium, kalsium, besi, fosfor, natrium, dan seng. Masyarakat pedalaman Papua memanfaatkan tanaman Sarang Semut ini sebagai pengobatan.

Manfaat dan khasiat Sarang Semut ini bisa mengobati penyakit-penyakit berat seperti Kanker membunuh tuntas semua jenis sel kanker seperti kanker hidung, Kanker otak, Kanker darah (Leukemia), Kanker Rahim, Kanker Prostat, Kanker usus, Kanker kulit, Kanker payudara, Kanker paru-paru kecuali kanker nesofaring atau kanker tenggorokan dan rongga mulut. Bisa juga membunuh penyakit termasuk antivirus untuk melemahkan virus HIV/AIDS dan virus herpes. Selain itu, menurut penelitian Dr. M. Ahkam Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI juga menunjukkan bahwa flavonoid dilaporkan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain, seperti katarak, wasir, dan perionditis (radang, jaringan ikat penyangga akar gigi), diabetes, TBC, asma, rematik, asam urat, gangguan jantung, Stroke ringan amaupun berat, Tumor, menghilangkan benjolan-benjolan yang ada di payudara wanita tanpa harus oprasi, gangguan fungsi ginjal dan prostat, gangguan nyeri haid, keputihan, Liver, Maag, pegel-pegel, nyeri otot dan sakit tulang.......wwwoooowww banyak banget ya fungsinya. Kalau dilihat dari khasiatnya yang seabrek, pasti nih harganya mahal. Rasanya beruntung deh saya di kasih gratisan hehehe.....

Bagaimana Cara Konsumsinya?

Rebus Sarang Semut dalam takaran 3-4 gelas air hingga mendidih, sampai susutkan menjadi 1 gelas saja. Setelah di rebus air berubah menjadi merah, mirip seperti teh. Lalu tuangkan ke dalam gelas.

Rebus Sarang Semut dalam panci.


 Siap untuk di minum.

Rasanya enak. Bener-bener mirip seperti rasa teh tapi ada rasa masam-masamnya sedikit seperti rasa teh leci. Penyajiannya tidak perlu di kasih gula, rasanya sudah terasa manis. Ini juga bagus di konsumsi untuk anak-anak juga loh, Sarang Semut ini bisa untuk minuman sehat. Jadi bukan untuk orang sakit saja, orang sehat juga boleh minum sebagai pencegahan. Sarang Semut minuman sehat tanpa ada efek sampingnya.

Selain untuk pengobatan, Sarang Semut ini bisa untuk melancarkan dan meningkatkan ASI. Dapat juga meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita. Memulihkan stamina dan kesegaran sepanjang hari.

Semoga infonya bermanfaat ya......


Sumber: Buku "Gempur Penyakit dengan Sarang Semut" Penulis Dr. Ir. Ahkam Subroto, Hendro Saputro)
.

12 comments:

Mugniar said...

Info yang bermanfaat mbak. Ternyata rasanya enak yah. Ipar saya ada yang di Papua Barat, tapi tak pernah cerita ttg ini ...

Btw, terimakasih sudah berbagi :)

Unknown said...

waaah.. aku baru tau nih.. khasiatnya banyak, tp pasti nyarinya susah ya..

Lidya Fitrian said...

aku belumpernah mencobanya mbak, enak ya ternyata

Keke Naima said...

wkt dokter blg kl sy kemungkinan terkena kanker, sy mulai rutin minum sarang semut.. hasilnya emang keliatan bgt kok.. Jd sy rekomendasi bgt deh sarang semut ini :)

Andy said...

wah baru tahu kegunaan dari sarang semut mba :)
makasih atas infonya ya

Akhmad Muhaimin Azzet said...

oooo, begitu ya..., wah jadi kepengen, apalagi rasanya kayak teh, malah manis tanpa gula; kalo di jogja kira2 beli di mana ya...

obat sakit darah tinggi said...

udah banyak kloh produk kesehatan berbahan herbal sarang semut...

Bibi Titi Teliti said...

Wah...
mampir sinih dapet ilmu baru deh...
Makasih udah di share ya mba :)

Pengobatan Tradisional Diabetes said...

kalau lihat gambarnya emang enak mbak,,tapi tahu sumber nya dari sarang semut jadi gimana gituh,,hehe

TricaJus said...

berbagi kata kata motivasi gan
Lebih mudah untuk melawan ribuan orang bersenjata lengkap dibandingkan melawan kesombongan diri sendiri.
salam kenal, sukses selalu dan ku tunggu kunjungan balinknya :D

Unknown said...

@ mba Ke2nai: aku mau pesan sarang semut jg nih... minta nfo no yang menjualnya y k 0857 1414 2808.. Tq..

Jun_P.M said...

trims tipsnya, saia malah belum pernah dengar khasiat sarang semut ini.

oh ya,
saya ngadain kontes menulis berhadiah kecil2an nih, infonya bisa dilihat diblog saya.
Ditunggu partisipasinya ya. :)

thanks
Jun_P.M
carameninggikanbadancepatalami.blogspot.com