Monday, April 2, 2012

[Curhat]: Mama Vs Suami

Mamaku usianya sudah 62 tahun. Mama tinggal sendirian di suatu desa. Putra-putrinya sudah pada berkeluarga. Satu-satunya yang bisa menemani mama adalah kakak lelakiku. Karena Kakakku yang sudah berkeluarga itu tinggal sekota dengan mamaku. Rumahnya pun berdekatan (berjarak 300 meter). Tetapi karena ada perselisihan dengan menantu (istri kakakku), Mama sudah tak sejalan lagi dengan kakakku itu. 

Sedangkan Adek (perempuan) ku tinggal di kota yang lain lagi. Jaraknya sih gak terlalu jauh, naik kendaraan umum saja cuman memakan waktu 2 jam sampai deh menuju ke rumah Mama. Sesekali dia (juga) menjenguk Mama. Namun entah kenapa, mama merasa tak nyaman
jika tinggal bersama adekku. Kebiasaan malas adekku-lah yang membuat mama tak tahan. Kata mama: adekku suka Sholat telat mulu, bangun kesiangan, rumah di berantakin kayak kapal pecah, bahkan parahnya lagi nih suka ketiduran disaat lagi ngemong anaknya sendiri. Alhasil anaknya yang masih berumur 1 tahun itu terluka tangannya karena terkena pecahan gelas. Ckckckck... parahh abis deh...!!! .itu yang bikin mama cenut-cenut... 

Nah, kalau saya nih tinggal di kota yang letaknya paling jauh daripada kedua saudaraku tadi. Mama berharap saya bisa menemani Mama. Tapi saya bingung, suami saya ini sekarang tinggal di luar jawa juga meminta saya untuk menyusul dan tinggal di sana. Sadar betul kalau usia mama itu sudah lanjut, panggilan hati saya tertuju pada Mama yang kesehatannya mulai menurun. Pikirku, bagaimana kalau mama ikut berkumpul tinggal bersama keluarga kecilku di luar Jawa? Tetapi ternyata jawaban mama "Tidak"! Alasannya sih masih suka di Jawa Timur, lebih tenang dan nyaman. Lagian, bagi mama tak mudah meninggalkan rumah yang penuh (banyak) kenangan ini. Jadi, harusnya gimana nih??? Galau deh! halahh  

Menemani mama, atau tinggal bersama suami??? Pepatah bilang: Surga ada di telapak kaki Ibu. (yang ini sudah pasti) Kalau Surga Istri terletak dibawah telapak kaki Suami. betul?? Yang jelas keduanya merupakan orang-orang yang paling saya sayangi. Menurut pendapat teman-teman???.... 




Post a Comment