Tuesday, June 5, 2007

BuLan ke Tujuh

Bulan ini usia kandunganku sudah 7 bln. Uuucchh…makin berat aja. Berat badanku skarang naik 16 kg. Normalnya sebelum hamil dulu masih 46 kg dan searang jadi 62 kg. Ngs…ngos….ngos….kadang* nafas jadi sering ngos-ngosan. Kaki udah mulai bengkak, timbul ukiran farises di kaki. Eeemmmmm….kewajiban yg harus dialani setiap kaum hawa…

:::--udah bisa NGAPAIN aja ya si baby ini???--:::

Masuk MINGGU ke 29 : menurut buku kehamilan, posisi bayi saat ini tengah mempersiapan diri seperti posisi lahir dengan kepala ke bawah. Sang ibu lebih merasakan gerakan tangan dan kakinya. Jaringan lemaknya udah erus terbentuk. Rambutnya akan semakin tumbuh lebat. Makanya terkadang sang ibu ngerasa gatalgaal diperut. Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen. Hormon ini akan menyitimulasi hormone prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum ( air susu ibu yang pertama kali keluar saat menyusui)….heehhehee…malu neh…

:::--Nama si BABY…???Siapa ya….--:::

kAli ini aku disibukkan mencari-cari nama si baby. Pengennya sih mencari namanama yang Islami tapi yang masih modren n’ kagak pasaran gitu…susah juga neh…harus benerbener di fikirkan. Coz nama seorang ternyata sedikit banyak akan mencerminan prilaku seseorang…. Udah banyak referensi nama dari buku*, klak-klik browsing sana-sini tapi masih belum nemu yang pas. Sedikit udah ada sih beberapa yang cocok, cuman masih bingung menggabungkan menjadi rangkaian nama kepanjangan.

:::--Siapin MENTAL & KESEHAAN--:::

Persiapan lainnya palingan harus nyiapin mental (bahwa semua wanita pasti akan melalui hal ini), berdoa, lebih menjaga makanan sehat sayur, buah, vitamin* gitu deh….
Composisinya seperti ini neh…


MENU SEHAT HAMIL

  • Karbohidrat & Lemak (Serealia & ubi-ubian)
  • Protein (daging, ikan, telur dan acangacangan)
  • Mineral (Buah-buahan& sayuran)
  • Vit B complex (Sistem syaraf, otot, jantung --> Serealia, biji*an, kacang-kacangan, sayur hijau, ragi, telur, susu)
  • Vit D ( tulang bayi>> Minyak ikan, Kuning telor, susu)
  • Vit E (sel darah merah >> gandum, kacang-kacangan, minyak sayur, hijau )
  • Asam Folat (system syaraf + sel darah merah (bayam, kol, brokoli, jeruk, pisang, worel, tomat)
  • ZAT BESI (Hindari anemia (bayam, kangkung, singkong, daun papaya, daging, hati.
  • Kalsium (tulang & gigi janin>> sayur hijau dan kacang-kacangan, susu = vit A,D,B2,B3,C)

DILARANG KERAS….!!!!!

  • Makan daging mentah + telur mentah (apalagi searang marak flu burung)
    Jauhi perokok
  • Minum jamu (kunyit asem, cabe jawa)
  • Hindari kotoran kucing ( mencegak penyakit toxoplasma)
  • Kurangi makanan daging + jeroan (secukupnya aja)
  • Sayur & buah harus dicuci bersih
  • Perhatikan alat-alat masak / makanan yg kena daging / ayam mentah. Cuci bersih…!!
  • Ikan tuna steak, ikan sea bass, hiu / ikan ukuran besar (kerusakan syaraf)
    Keju lunak (Brie, camembert, blueveinod) / Keju dari daging kambing.
  • Alohol
  • No cafein (kopi, teh, coklat)
  • Cabe puyang / obat-obatan
  • Kurangi pedas.
>>sumber inspirasi : hAmil sehaT ala iBu ceRdas (Sabrina Maharani)

:::--Shoping Perlengkapan BABY…???--:::

Rasanya pengen cepet-cepet liat pernakpernik baby yang lucu*….Shoping-shoping sih belum…kecuali kemaren pas pitonan ada juga yang kasik kado perlenkapan bayi…. Ntar aja deh klo udah mepet-mepet hari H-nya. Konon kata orang tua jaman dulu (sampe sekarang masih berlaku di Jawa…) katanya sih masih belom boleh blanja-blanja perlengkapan bayi. Kalo pun udah terlanjur, maka harus dititipkan di rumah tetangga / kerabat terdekat. Emang MITOS sih….kendengarannya KOLOT banget ya…tapi nurut aja deh dari pada ntar terjadi hal yang tidak di undang…..


Post a Comment