Friday, October 2, 2009

BATIK INDONESIA

Selamat datang BATIK INDONESIA, hari ini tanggal 2 Oktober 2009 telah resmi pengukuhan atas hari Batik Nasional. UNESCO telah menetapkan budaya kerajinan Batik resmi milik Bangsa Indonesia. Kini atas nama Rakyat Indonesia bisa berbangga hati, hasil karya anak negeri, yang telah di pertahankan sejak lama akhirnya diakui juga oleh dunia. Setelah sadar bahwa batik merupakan budaya kerajinan khas Indonesia yang bernilai sangat mahal, sempat berulangkali di bajak, di curi, ditiru oleh negara lain, tapi batik Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri, baik coraknya, mutu, kualitas hanya bangsa Indonesia yang punya. Selamat menikmati produk Batik milik Indonesia.

Macam-macam batik sekarang beragam. Hampir setiap daerah mempunyai khas batiknya. Misalnya saja batik Pekalongan, batik Madura, Batik Solo, Batik Jogja, batik tulis Tulungagung, batik Cirebon, batik Garutan, Batik Kalimantan, dan yang terbaru Batik Surabaya dengan corak batik ayam aduan dalam legenda Sawunggaling, ada juga daun semanggi, corak bunga teratai, bunga tulip, dan masih banyak lagi.

Pada masa lampau, batik hanya di buat untuk jarit, hanya selembar kain yang di pakai untuk "sewek" (dalam bahasa jawa) karena asal mula batik pertama kali hanya ada di Jawa. Namun sekarang ini kerajinan batik sangat atraktif, kreatif, inovatif mengikuti perkembangan jaman yang sekarang ini cenderung modern. Tidak hanya bercorakan klasik, daun, bunga, namun ada juga batik yang bermotif corak hewan, motif kotak / bulat, atau kreasi yang lain.
Corak warnanya juga beragam, tidak hanya warna coklat saja, sekarang batik modern berwarna cerah, warna-warni, semakin digemari oleh kaula muda. Mulai dari warna dasar merah, hijau, pink, kuning, ada juga warna perpaduan antara pink dengan hijau, biru dengan ungu, dan sebagainya tanpa mengurangi khas Batik Indonesia.



Kini motif batik tidak hanya buat busana saja, kreasi batik juga bisa di buat celana batik, tas batik, seprai batik, taplak meja batik, selamb/korden batik, sepatu/sandal batik, topi/blangkon batik, dompet batik, sampai pada assesoris pernak pernik kebutuhan rumah tangga dan assesories seperti gelang, kalung, dll.

Mengenakan motif batik sekarang ini memang sedang menjadi trend saat ini. Jadi, jangan mengaku pemuda/pemudi GAUL jika anda belum mengenakan BATIK......

Tidak hanya mengkoleksi saja, tetapi sudahkah anda memakai Batik?

Post a Comment