Saturday, May 19, 2007

Malang Tempoe DoeLoe....

Festival Malang Kembali.....

Jangan lewakan acara ini. Yang lagi kangen ama kota Malang, liat aja yoookk bareng-bareng…..acara ini memperingati “HUT MALANG RAYA”. Eeemmm….dulu udah pernah sih, tp sekarang diselengarakan lebih lama lagi waktunya. Serasa seperti tempo penjajahan…semuanya serba kuno dan ga’ moderen seperti sekarang ini. Disini banyak yang jual makanan kas Malang tempo dulu, seperti lontong jangan lodeh, ketupat jangan tahu tempe, jangan ontong, jajan getuk, cenil, wingko, dll. Pernak-pernik yang di jual juga macem*, mulai dari capil, blangkon, baju dari bahan batik, jarik, peralatan memasak dari kayu / batok, sandal klompen, dll. Suasananya juga di desain sangat beda persis pada jaman dulu. Tenda ala gubuk gedek, museum sepeda kuno, mobil perang, mobil kuno, senjata perang seperti bamboe runcing, golok, clurit, dll. Orang* yang berkunjung disini seakan juga ikut meramaikan suasana. Dengan memakai pakaian serba batik + kebayak kuno dan dandanan ala doloe, seperti rambutnya yang dikepang dua ala gadis desa, ada yang pakek blangkon, sandal japitan, sandal klompen, bahkan yang cewek* juga banyak yang pakek jarit. Ada juga para cowok-cewek yang rambutnya kadung disemir, gak kalah akal juga untuk meramaikan acara ini. Mereka seolah-olah dandan ala turis jaman penjaahan. Ada yang memakai pakaian ala jepang lengkap atributnya juga topinya, pakaian ala belanda, Ingris, dll. Huuahahahaa…..ada aja…..!!!
Festival ini berlangsung di Jalan Ijen yang bersejarah, mulai tanggal 2 Mei s/d 12 Mei 2007 kemaren. Disini bisa menyaksikan dan menikmati nuansa Malang Tempoe Doeloe, dengan lampu obor (listrik tidak boleh dihidupkan). Serrrruuuu banget........apalagi buat nongkrong anak muda yang suka cari gebetan........


Alun* terlihat hotel GRAND sekarang jadi MITRA 1 SWALAYAN



Masjid Jami’ Malang sebelah barat alun2 tahun 1914, sekarang udah kinclong neh...



Tugu dan balaikota Malang hangus oleh gempuran tentara Belanda 1947

Sekarang udah tampak indah penuh taman.


"Toean-toean dan njonja-njonja jang dimoeliaken,Oentoek taoen inie, koembalie gemeente Malang stad mengadaken soeatoe festival jang soeda ditoenggoe-toenggoe ole semoea ra'jat Malang stad. Semoea jang baoe tempo doeloe ada disinie... en tida bole ada elestrik!! Diadaken di Idjen Boulevaard jang bersedjarah. Diharoesken pake badjoe djaman oorlog darie djaman kumpeni sampei djaman kemerdehekaan kieta.. Ra'jat Malang Raja semoea, marie kieta semoea ramaiken ini atjara...gratis voor oemoem...Voorzichtig!!!Pake badjoe tjelana tempo doeloe, itoe diwadjibken....."

Duh...berdesakan neh...


Acara Malang Kembali 2007 :
1. Panggung Sejarah
2. Pasar Rakyat
3. Hiburan : Ludruk, Ketoprak, Wayang Kulit, Wayang Topeng, Wayang
Beber, Keroncong dan Gambus.
4. Pasar Industri Rakyat
5. Sayembara : Pakaian Tempo dulu, Tari Anak-anak, Mainan Tradisionil, Mewarnai Gambar.
6. Kendaran Tempo Dulu: Sepeda Ontel, Oto, Motor Tua, Cikar, Dokar, Numpak Jaran.
7. Layar Tancap / Film.
8. Tari-Tarian & Klinik untuk umum
Post a Comment